POLHUKAM

Polisi Wajib Tunda Proses Laporan Joman Kepada Ubedillah

Wakil Ketua LPSK RI, Maneger Nasution. (ANTARA)
Wakil Ketua LPSK RI, Maneger Nasution. (ANTARA)


JAKARTA - Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) buka suara perihal pelaporan yang dilakukan Ketua Jokowi Mania (Joman), Immanuel Ebenezer terhadap Dosen UNJ, Ubedilah Badrun.

Wakil Ketua LPSK RI, Maneger Nasution menjelaskan, posisi hukum Ubedilah sebagai pelapor dijamin oleh Undang-Undang Perlindungan Saksi dan Korban untuk tidak mendapatkan serangan balik.

Diketahui, Ubedilah dipolisikan karena dianggap mencemarkan nama baik karena telah melaporkan Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep ke KPK.

"LPSK mengingatkan bahwa posisi hukum Ubedillah sebagai Pelapor dijamin oleh Undang-Undang Perlindungan Saksi dan Korban," Kata Maneger dalam keterangan tertulis, Rabu (19/1/2022).

Maneger mengatakan, sepanjang laporan yang disampaikan Ubedillah beritikad baik, pelapor tidak dapat dituntut secara hukum, baik pidana maupun perdata.


"Jika ada tuntutan hukum terhadap pelapor atas laporannya, tuntutan hukum tersebut wajib ditunda hingga kasus yang ia laporkan telah diputus oleh pengadilan dan berkekuatan hukum tetap sesuai Pasal 10 ayat 1 dan 2 UU Nomor 13 Tahun Tahun 2006 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 31 Tahun 2014 tentang Perlindungan Saksi dan Korban," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Jokowi Mania (Joman), Immanuel Ebenezer melaporkan Dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedillah Badrun ke Polda Metro Jaya pada Jumat (14/1/2022).

Immanuel melaporkan Ubeidilah dengan Pasal 317 tentang pengaduan fitnah. Laporan diterima dengan Nomor: LP/B/239/I/2022/SPKT/Polda Metro Jaya, tertanggal 14 Januari 2022.

"Kami mau laporkan terlapor dengan pasal yang lebih berat. Tapi pertimbangannya hari ini kita melihat memberikan kesempatan kepada Ubedillah Badrun untuk meminta maaf kepada publik karena ini berkaitan dengan kehormatan seseorang karena basis laporannya berbasis kepalsuan atau hoaks jadi ini tidak mendidik," jelasnya.


Video Terkait:
Ubedilah Badrun Dilaporkan Relawan Jokowi Mania ke Polisi
Editor: Khoirur Rozi