DAERAH

Korban Kecelakaan di Balikpapan Akan Terima Santunan dari Jasa Raharja

Sebuah mobil ringsek akibat kecelakaan yang terjadi di Balikpapan, Kalimantan Timur. (ANTARA)
Sebuah mobil ringsek akibat kecelakaan yang terjadi di Balikpapan, Kalimantan Timur. (ANTARA)


JAKARTA - PT Jasa Raharja menjamin seluruh korban kecelakaan di simpang Muara Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur mendapat santunan. Tak hanya korban meninggal, Jasa Raharja juga memberikan santunan bagi mereka yang terluka.

“Jasa Raharja sangat prihatin atas musibah ini. Kami juga turut berduka cita yang mendalam atas warga yang meninggal dunia,” kata Direktur Utama PT Jasa Raharja, Rivan A Purwantono dalam keterangan tertulis, Jumat (21/1/2022).

Rivan mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Ditlantas Polda Kalimantan Timur untuk mendata seluruh korban. Jasa Raharja juga sudah mendatangi rumah sakit rujukan tempat korban dirawat.

“Tidak perlu khawatir terkait biaya perawatan rumah sakit, karena Jasa Raharja sudah memberikan surat garansi kepada rumah sakit agar dapat merawat warga yang mengalami kecelakaan tersebut dengan baik,” ungkapnya.

Menurut Rivan, jaminan terhadap korban kecelakaan diatur dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 1964. Hal ini, katanya, sebagai bentuk implementasi Program Perlindungan Dasar Pemerintah terhadap warga negara yang kecelakaan.


“Sesuai UU tersebut, Jasa Raharja memberikan santunan kecelakaan kepada setiap orang yang meninggal dunia/cacat tetap akibat kecelakaan yang disebabkan oleh alat angkutan lalu lintas jalan, baik di darat, laut, maupun udara,” terangnya.

Adapun santunan menggunakan dana Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ). Dana ini dibayarkan masyarakat setiap tahun dan iuran wajib penumpang angkutan umum.

Rivan menuturkan,  para ahli waris warga yang meninggal dunia akan mendapat santunan sebesar Rp50 juta, sedangkan bagi warga yang mengalami luka-luka mendapat biaya perawatan melalui pihak rumah sakit maksimal sebesar Rp20 juta.

“Jasa Raharja tengah melakukan survei kepada ahli waris warga yang meninggal dunia setelah dilakukan pendataan identitas dari masing-masing warga yang mengalami kecelakaan tersebut,” imbuhnya.


Video Terkait:
Malang, Pria di NTB ini Tewas Karena Mesin Gerindanya
Editor: Khoirur Rozi