POLHUKAM

PILPRES 2024

Banyak Calon Lain, Tetap Dukung Ganjar

Ketua Umum Brigade, Gama Andrea, saat deklarasi dukungan untuk Ganjar Pranowo di Bogor, Sabtu (22/1/2022). (Antara)
Ketua Umum Brigade, Gama Andrea, saat deklarasi dukungan untuk Ganjar Pranowo di Bogor, Sabtu (22/1/2022). (Antara)


JAKARTA - Kelompok relawan yang mengatasnamakan diri Gerakan Barisan Ganjar Terdepan (Brigade) berkomitmen mendukung Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menjadi calon presiden 2024.

Ketua Umum DPP Brigade, Gama Andrea, menyatakan, meski banyak calon lain, gerakan yang dipimpinnya tetap mendukung Ganjar maju dalam Pilpres 2024. Gama mengaku tetap memantau isu mengenai pergerakan dukungan terhadap Prabowo Subianto, yang sudah ikut bertarung dalam pilpres sebanyak tiga kali, yakni 2009, 2014 dan 2019.

"Pak Prabowo juga banyak yang mendeklarasikan itu," kata Gama dikutip dari Antara, Minggu (23/1/2022).

Gama menuturkan, selain dukungan terhadap Jokowi-Prabowo, ada juga yang memasangkan Prabowo dengan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar. Dia menilai hal tersebut menunjukkan Prabowo seorang calon yang baik, karena masih digadang-gadang berpasangan dengan berbagai tokoh. Namun, lanjutnya, Brigade berpandangan perlu ada sosok baru yang masuk menjadi capres 2024. Dia mencontohkan, pada Pilpres 2014, Jokowi yang kala itu menjabat Gubernur DKI Jakarta, mampu meraih dukungan menjadi presiden di tengah tokoh-tokoh nasional yang lebih populer.

Gama menyebut, Ganjar yang merupakan kader PDIP diyakini bisa melanjutkan pembangunan yang dimulai Jokowi. Sejumlah prestasi telah ditorehkan Ganjar, seperti pembangunan infrastruktur, menekan radikalisme dan keberpihakan terhadap ekonomi kerakyatan.


Gama meyakini, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bakal mendukung Ganjar Pranowo menjadi capres 2024, meskipun elektabilitas Puan Maharani juga cukup baik.

"Seperti saya sampaikan tadi, jangankan anaknya, ibunya saja sejak 2014 itu punya kans begitu besar untuk mencalonkan dirinya sendiri, tetapi Bu Mega memberikan estafet kepemimpinan kepada Pak Jokowi," kata Gama.

Gama mengatakan, setiap tokoh yang namanya kini muncul diperbincangkan publik, termasuk Puan Maharani, popularitasnya terus didorong oleh pendukung masing-masing. Namun, Brigade tetap berkeyakinan Megawati akan memandang Ganjar sebagai anaknya
yang diperhitungkan untuk maju dalam Pilpres 2024. 

"Meskipun sekarang belum ada ketok palu dari partai pendukungnya, di sini kami terus bergerak karena kami begitu yakin Pak Ganjar bisa melanjutkan kepemimpinan Pak Jokowi," ujarnya.

Dia menegaskan, Brigade akan berusaha menaikkan elektabilitas Ganjar dari 25 persen menjadi 35 persen untuk menghadapi tahun politik ke depan.

"Tapi sekali lagi kami menilai bahwa yang paling layak kami representasikan adalah Pak Ganjar. Jadi yang terbaik menurut kami adalah Pak Ganjar," kata Gama.

Artikel selengkapnya bisa dibaca di Koran Info Indonesia.


Video Terkait:
Kontraktor Maling Ketahuan Ganjar
Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo