POLHUKAM

PILPRES 2024

Tiga Jenderal Ini Punya Peluang Jadi Cawapres

Pengamat politik Adi Prayitno. (Info Indonesia/Moehamad Dheny)
Pengamat politik Adi Prayitno. (Info Indonesia/Moehamad Dheny)


JAKARTA - Figur-figur yang memiliki latar belakang polisi dan tentara punya potensi untuk digandeng menjadi calon wakil presiden di Pilpres 2024.

Pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno, mengakui jika mantan Kapolri yang kini menjabat Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa berpeluang untuk diusung sebagai cawapres.   

"Saya kira potensinya cukup dinamis karena dalam melihat survei polisi atau tentara masih menjadi variabel yang selalu diperhitungkan," kata Adi saat berbincang dengan Info Indonesia di Bangi Kopi, Jakarta Selatan, Minggu (23/1/2022).

Ia menilai figur-figur yang memiliki unsur ketahanan dan keamanan itu juga sudah mulai dijajaki pendapatnya di ruang publik melalui lembaga-lembaga survei. Hal ini membuat nama-nama mereka semakin dikenal oleh masyarakat.

"Misalnya irisan capres sipil, cawapres militer atau Kepolisian itu muncul dalam survei. Meski tidak dominan tapi dia sudah mulai ada," tuturnya.


Menurut Adi, dalam budaya politik Tanah Air unsur polisi dan militer memang kerap dijadikan satu pertimbangan dalam menentukan komposisi pasangan capres-cawapres.

"Artinya, nomenklatur politik kita ke depan itu adalah satu nomenklatur yang kemudian masih mempertimbangkan komposisi sipil dan militer, sipil dan polisi," ujarnya.

Sehingga bukan satu hal yang tidak mungkin bagi Tito Karnavian, Listyo Sigit maupun Andika Perkasa untuk menjadi calon wakil presiden di Pilpres 2024.

"Jadi nama-nama itu cukup realistis, termasuk Panglima TNI," demikian Adi.


Video Terkait:
PPP Harus Mampu Adptasi di 2024
Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo