WARNA-WARNI

Ekspedisi JKW-PWI Mulai Pendakian Latimojong

(Foto: Istimewa)
(Foto: Istimewa)


ENREKANG - Ekspedisi Jelajah Kebangsaan Wartawan-Persatuan Wartawan Indonesia (JKW-PWI) telah berada di Sulawesi Selatan (Sulsel), yang menjadi provinsi ke-23 dalam perjalanan tim yang terdiri dari Yanni Krisnayanni, Indrawan Ibonk, Sonny Wibisono dan Aji Tunang Pratama.

Tim JKW-PWI sendiri sudah menempuh puluhan ribu kilometer sejak dilepas dari Gedung Dewan Pers Jakarta oleh Ketua Umum PWI, Atal Depari, pada tanggal 28 Oktober 2021.

Hari ini, Rabu (26/1/2022), sekitar pukul 06.30 WITA, Yanni Krisnayanni yang juga satu-satunya perempuan dalam ekspedisi ini, bersiap untuk pendakian ketiga di Pegunungan Latimojong, yang terletak di Kabupaten enrekang, termasuk destinasi yang dari awal menjadi target pendakian ekspedisi JKW-PWI. 

Pegunungan ini memiliki banyak puncak. Puncak tertinggi bernama Rantemario di ketinggian 3.478 meter di atas permukaan laut. Inilah puncak tertinggi di Pulau Sulawesi sekaligus salah satu dari tujuh puncak tertinggi di Indonesia (Seven Summits of Indonesia).

Kali ini, Yanni yang juga pendaki ulung, tidak sendirian. Ia ditemani dua koleganya dari PWI Pusat yakni Dar Edi Yoga dan Onaria Fransisca. 


Yoga dan Ona sudah tiba di Sossok, Enrekang, kemarin, dengan persiapan matang. Mereka bertiga dijemput oleh Iwan, seorang driver off road setempat, yang akan membawa tim pendaki ke titik awal pendakian di Desa Karangan.

Untuk sampai di Desa Karangan dari titik penjemputan di Desa Sossok, dibutuhkan waktu sekitar 2 sampai 2,5 jam, tergantung kondisi jalan dan cuaca yang dilalui. 

Menumpang jeep berkarakter 4x4 produksi tahun 1982 bersama driver yang berpengalaman, mereka diharapkan bisa tiba tepat waktu. 

Yanni, Yoga dan Ona direncanakan tiba di Puncak Rante Mario setelah tiga hari perjalanan.

Pegunungan Latimojong memiliki tujuh puncak dan masing-masing puncak mempunyai namanya sendiri. Buntu Rante Mario sebagai titik tertinggi diikuti oleh Buntu Nenemori sebagai titik tertinggi kedua, dan puncak-puncak lainnya yaitu Buntu Sinaji, Buntu Sikolong, Buntu Rante Kambola, Buntu Bajaja, dan Buntu Latimojong. 

Rangkaian pegunungan ini bukanlah gunung berapi seperti gunung-gunung lain yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia. 

Wilayah pegunungan Latimojong dipenuhi oleh hutan tipe Montana yang berkarakter tumbuh di wilayah ketinggian 2.000 hingga 3.000 meter dari permukaan laut. 

Kegiatan JKW-PWI mendapat dukungan dari Kingland Tire Indonesia, Kawasaki Motor Indonesia (KMI), Continmoto Jakarta, Trooper Custom Helmet, Artha Graha Peduli, Djarum Foundation, dan Kemenpora RI.


Video Terkait:
Wagub DKI Jakarta Sambut Baik Info Indonesia
Editor: Saeful Anwar