DAERAH

Ketua DPRD DKI: Sumur Resapan Cocok Untuk Ternak Lele

Pembangunan sumur resapan di DKI Jakarta. (ANTARA)
Pembangunan sumur resapan di DKI Jakarta. (ANTARA)


JAKARTA - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menyindir program sumur resapan Gubernur Anies Baswedan. Menurutnya, sumur resapan lebih cocok untuk beternak lele.

Prasetyo mengatakan, program sumur resapan tidak direncanakan dengan baik, sehingga tidak mampu mengatasi banjir. Ia mencontohkan banjir yang terjadi di Jalan Sriwijaya dan kawasan Menteng.

"Di sana itu aman betul sejak dahulu. Tapi sekarang dibolongin sama dia (Anies Baswedan) banyak sekali, lalu setelahnya ditinggal begitu saja. Kalau saya, cocoknya ini untuk kerja sama dengan Dinas KPKP lalu masukkan lele di dalamnya, masyarakat yang jaga dan kasih makan, itu kan jadi pendapatan juga," kata Prasetyo dikutip dari Antara, Rabu (26/1/2022).

Prasetyo menilai, masalah banjir tidak bisa diselesaikan hanya dengan sumur resapan. Menurutnya, langkah yang paling tepat dan efektif adalah normalisasi dan naturalisasi sungai.

"Itu yang benar, setelah tersambung dari hulu ke hilir mana yang masih kurang, itu kan nanti ketemu. Sodetan harus ada. Jangan beli tanah di mana-mana tapi enggak dipakai. Ini ada jalur hijau malah ditebang-tebang jadi plaza, kayak di Monas," jelasnya.


Untuk diketahui, Pemprov DKI Jakarta telah membangun 16.000 sumur resapan pada 2021. Namun, sebagian di antaranya menuai kritik karena penempatan yang tidak tepat dan desain teknis yang tak sesuai standar.

Secara umum, Pemprov menargetkan untuk membangun 1,1 juta sumur resapan hingga 2022 yang diklaim bisa menyerapkan air sebanyak 11,5 juta meter kubik ke dalam tanah.

Editor: Khoirur Rozi