POLHUKAM

Alhamdulillah, PSU Kabupaten Yalimo Berlangsung Aman

Suasana di salah satu TPS saat PSU Pilkada Kabupaten Yalimo, Rabu (26/1/2022). (Antara/Humas Polda Papua)
Suasana di salah satu TPS saat PSU Pilkada Kabupaten Yalimo, Rabu (26/1/2022). (Antara/Humas Polda Papua)


JAYAPURA - Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Kabupaten Yalimo yang digelar Rabu (26/1/2022) berlangsung aman.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Kamal, mengatakan, dari hasil pemantauan di lapangan, situasi kamtibmas selama pelaksanaan PSU berlangsung aman dan nampak masyarakat mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang disediakan guna memberikan hak suaranya.

"Masyarakat cukup antusias mendatangi TPS guna memilih pimpinan di daerah itu," kata Kamal, di Jayapura.

Sebanyak 1.500 personel Brimob Nusantara dikerahkan mengamankan pelaksanaan PSU. Anggota Brimob disebar hingga ke distrik-distrik dan ada yang khusus berpatroli, sehingga mempersempit ruang gerak kelompok yang ingin mengganggu pelaksanaan PSU.

"Mudah-mudahan kondisi kondusif dapat berlangsung hingga penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih," harap Kamal. 


Komisioner KPU Papua, Melkianus Kambu, menyatakan bahwa PSU Kabupaten Yalimo diikuti dua pasangan calon bupati dan wakil bupati. Yakni pasangan nomor urut 01 Lakius Peyon-Nahum Mabel dan pasangan nomor 02 Nahor Nekwek-John Wilil, jelas Kambu.

Kabupaten Yalimo memiliki lima distrik dengan 298 kampung. Jumlah pemilih yang mencoblos di 327 TPS tercatat sebanyak 90.948 orang.

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo