POLHUKAM

Penuhi Kriteria Kepala Otorita IKN, PDIP Usulkan Ahok ke Presiden

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto. (Net)
Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto. (Net)


JAKARTA - PDI Perjuangan menilai Komisaris Utama PT Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama, alias Ahok telah memenuhi kriteria untuk memimpin Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, mengatakan, DPP PDIP akan mengusulkan nama Ahok secara langsung kepada Presiden RI, Joko Widodo.

"Siapa yang akan diputuskan itu kami serahkan kepada Presiden Jokowi. Hanya saja PDIP punya nama-nama calon yang memenuhi syarat untuk itu, termasuk Pak Basuki Tjahaja Purnama," katanya di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta, Kamis (27/1/2022).

Dipilihnya Ahok sebagai calon kepala Otorita IKN juga tidak lepas dari pengalamannya saat memimpin Ibu Kota Jakarta yang dianggap berhasil oleh PDIP.

"Beliau juga punya kepemimpinan yang cukup baik, selama menjadi wakil gubernur dan gubernur di Jakarta," katanya.


Bahkan, Hasto turut menampik ketika ditanyai nama-nama lain yang sempat diisukan berpeluang menjadi kepala Otorita IKN seperti Menteri Sosial, Tri Rismaharini, dan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Abdullah Azwar Anas. Menurutnya, keduanya harus fokus dengan tugas yang saat ini sedang diemban.

"Sehingga dengan adanya tugas-tugas yang diberikan oleh Presiden Jokowi dapat dijalankan sebaik-baiknya," ujarnya.

Hasto menambahkan, sosok kepala Otorita IKN harus memenuhi sejumlah kriteria, seperti visioner, komprehensif dan memiliki pandangan soal sistem tata kota.

"Kepala Otorita IKN Nusantara memerlukan sosok pemimpin yang memiliki pandangan visioner, komprehensif. Memiliki pemahaman terhadap tata kota, perencanaan yang memadukan antara gambaran smart city sebagai identitas yang mau dibangun di ibu kota negara," jelasnya.


Video Terkait:
Suami Pergoki Istrinya Bercinta dengan Oknum Anggota DPRD
Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo