DAERAH

Pangdam Jaya Siapkan Tower Antisipasi Kenaikan Kasus Omicron

Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu Satgas COVID-19 Jakarta, Mayjen TNI Untung Budiharto. (Ant)
Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu Satgas COVID-19 Jakarta, Mayjen TNI Untung Budiharto. (Ant)


JAKARTA - Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 akan mempersiapkan beberapa tower di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet Pademangan, Jakarta, untuk mengantisipasi naiknya kasus COVID-19 varian Omicron.

Hal tersebut disampaikan Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Pangkogasgabpad) Satgas COVID-19 Jakarta, Mayjen TNI Untung Budiharto saat ditemui awak media, di Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (28/1/2022).

Panglima Kodam Jaya ini mengatakan, hingga hari Kamis (27/1/2022) kemarin, tercatat 2.404 kasus Omicron di wilayah DKI Jakarta.

"Untuk mengantisipasi kemungkinan melonjaknya Omicron di Jakarta sehingga beberapa tower kita siapkan," kata Untung.

Selain menambah kapasitas tower, kata Untung, pihaknya akan menambah tenaga kesehatan. "Semua kita siapkan. Kelengkapan dari setiap satuan tugas kita siapkan, termasuk tenaga kesehatan, keamanan, dan penjagaan," kata Untung.


Sebelumnya, Juru Bicara Nasional Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito menyampaikan, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten menyumbangkan sebesar 90,4 persen penambahan kasus positif dalam sepekan terakhir.

"DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten menyumbangkan 13.316 kasus dari total 14.729 kasus minggu terakhir atau sebesar 90,4 persen," ujar dia.

Menurutnya, pemerintah daerah atau satgas di tiga provinsi tersebut perlu melakukan strategi mitigasi untuk menekan laju kasus yang lebih tinggi.

"Mohon segera mengevaluasi dan kembali menegakkan implementasi protokol kesehatan baik di sektor perkantoran, fasilitas publik, serta transportasi publik," katanya.


Video Terkait:
Indonesia Lewati Puncak Covid 19
Editor: Saeful Anwar