DAERAH

Kang Emil Sesalkan Perusakan Markas Polda Jabar Oleh Ormas GMBI

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (Dok Pemprov Jabar)
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (Dok Pemprov Jabar)


BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyesalkan aksi perusakan Markas Polda Jawa Barat oleh anggota ormas Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI). Peristiwa ini terjadi saat GMBI menggelar aksi di depan Polda Jabar pada Kamis (27/1/2022).

"Sangat menyesalkan tindakan anarkis, perusakan, dan pelecehan oleh kelompok ormas yang melakukan demonstrasi di depan Markas Polda Jawa Barat," tulis Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil dalam akun Instagramnya, Jumat (28/1/2022).

Atas kejadian itu, Kang Emil mendukung penuh penegakan hukum oleh kepolisian, khususnya dari Polda Jawa Barat. Menurutnya, setiap pelanggar hukum harus diberikan sanksi tegas.

"Kita hidup di negeri hukum dan negeri welas asih. Sampaikan aspirasi dengan baik-baik dan tidak merusak fasilitas publik apalagi sampai melecehkan simbol institusi," imbuhnya.

Kang Emil berharap kejadian serupa tidak terulang di kemudian hari. Ia juga mengajak masyarakat khususnya di Jawa Barat agar turut menjaga kondusifitas.


"Mari selalu menjaga kondusifitas Jawa Barat dan Negeri Ini. Hatur nuhun dan semoga menjadi pelajaran," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Polda Jawa Barat (Jabar) mengamankan 725 anggota ormas Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI). Mereka diamankan akibat aksi berujung bentrokan di depan Markas Polda Jabar.

Selain itu, polisi mengamankan sejumlah senjata tajam yang diduga milik para anggota ormas tersebut. 

Polisi juga turut mengamankan sebanyak 278 kendaraan milik para anggota ormas. Rinciannya, 193 merupakan kendaraan roda dua dan 85 kendaraan roda empat.


Video Terkait:
Ridwan Kamil Ucapkan Terima Kasih
Editor: Khoirur Rozi