WARNA-WARNI

Kasus COVID-19 Indonesia Diklaim Paling Terkendali di Asia

Peta penyebaran COVID-19 di dunia. (Unsplash.com)
Peta penyebaran COVID-19 di dunia. (Unsplash.com)


JAKARTA - Kementerian Kesehatan menyebutkan kasus COVID-19 di Indonesia dibandingkan dengan negara lain di Asia. Hal ini dibuktikan dengan jumlah penambahan kasus yang tidak terlalu tinggi.

"Jika dibandingkan dengan India, Filipina, Singapura, Malaysia, dan Thailand, Indonesia memiliki jumlah penambahan kasus konfirmasi COVID-19 yang rendah," kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi dalam keterangannya, Jumat (28/1/2022).

Lebih lanjut Nadia menjelaskan, hingga 26 Januari kasus positif COVID-19 di indonesia sebesar 13,27 per 1 juta penduduk. Angka ini lebih rendah jika dibandingkan dengan Singapura dengan konfirmasi positif sebesar 825,80 per 1 juta penduduk.

"Kemudian Filipina sebesar 233,71 per 1 juta penduduk, India sebesar 220,71 per 1 juta penduduk, Malaysia sebesar 121,19 per 1 juta penduduk, dan Thailand sebesar 110,20 per 1 juta penduduk," jelasnya.

Menurut Nadia, rendahnya kasus COVID-19 Indonesia karena sejumlah kebijakan yang diterapkan pemerintah untuk mencegah penyebaran penyakit tersebut. Salah satunya kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di setiap wilayah.


"PPKM tersebut diiringi dengan protokol kesehatan yang ketat, yakni memakai masker, mejaga jarak, mencuci tangan pakai sabun, mengurangi mobilitas, dan menjauhi kerumunan," ujarnya.

Tak hanya itu, Kementerian Kesehatan juga telah menyediakan layanan telemedisin bagi pasien COVID-19. Layanan tersebut memberikan kemudahan bagi pasien untuk melakukan konsultasi hingga mendapatkan obat gratis.

“Upaya-upaya tersebut dilakukan secara konsisten dan dievaluasi secara rutin. Sehingga setiap ada penambahan kasus dengan jumlah sedikit maupun banyak langsung dilakukan tata laksana perawatan yang baik di rumah sakit,” jelasnya.


Video Terkait:
Indonesia Lewati Puncak Covid 19
Editor: Khoirur Rozi