WARNA-WARNI

Bupati Indramayu Bakal Menari di Acara HPN 2022

Bupati Indramayu, Nina Agustina  saat latihan menari. (Dok PWI)
Bupati Indramayu, Nina Agustina saat latihan menari. (Dok PWI)


JAKARTA - Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 di Kendari, Sulawesi Tenggara bakal meriah. HPN tahun ini akan diwarnai berbagai penampilan seni dan budaya dari sejumlah daerah.

Salah satunya adalah penampilan Bupati Indramayu, Nina Agustina yang akan menari topeng Kelana Gandrung. Nina merupakan satu dari sembilan bupati/wali kota yang telah ditetapkan sebagai penerima Anugerah Kebudayaan Persatuan Wartawan Indonesia (AK PWI) Pusat 2022.

Ketua AK PWI, Yusuf Susilo Hartono mengatakan, selain Bupati Indramayu, ada empat kepala daerah lainnya yang akan turut memeriahkan acara HPN tahun ini. Mereka adalah Bupati Buton, Bupati Magetan, Bupati Sumbawa Barat.

"Namun dari keempat kepala daerah itu, hanya Nina yang ikut terjun langsung menari bersama tim kesenian dari Sanggar Tari Topeng Mimi Rasinah," tutur Yusuf, Sabtu (29/1/2022).

Yusuf mengungkapkan, Nina akan turun ke panggung bersama Aerli, cucu penari topeng legendaris Mimi Rasinah (almarhumah). Diiringi nayaga dan gamelan hidup yang dibawa langsung dari Indramayu.


"Reputasi Aerli sendiri, sebagai penari topeng sudah melanglang buana mengikuti berbagai festival  internasional di Jepang, Belanda, Australia, dan lainnya," ujar Yusuf.

Adapun gerakan Tari Topeng Kelana Gandrung bermakna meruwat atau mengobati. Tarian ini biasanya dimainkan ketika ada wabah penyakit di suatu daerah.

 "Juga melambangkan kecintaan rakyat kepada pemimpinnya akan memberikan energi positif terhadap pemimpin dalam menjalankan setiap roda pemerintahan," jelasnya.

Editor: Khoirur Rozi