POLHUKAM

PILPRES 2024

Relawan: Megawati Tidak Ingin PDIP Dinomorduakan

M Qodari. (Net)
M Qodari. (Net)


JAKARTA - Simulasi pasangan Prabowo Subianto-Joko Widodo maupun Prabowo Subianto-Puan Maharani sulit terbentuk karena Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, tidak ingin partainya dinomorduakan.

Begitu diungkapkan penggagas relawan Jokowi-Prabowo (Jokpro) 2024, M Qodari, dalam diksusi daring bertajuk "Pemilu 2024 Masih Berlanjut, Spekulasi Perpanjangan Masa Jabatan Masih Berlanjut?" yang disiarkan Youtube Total Politik, Minggu (30/1/2022).

"Kami berpendapat Prabowo-Jokowi itu sulit terjadi karena Bu Mega pasti enggak setuju. Sama dengan pasangan Prabowo-Puan karena rasanya Bu Mega tidak akan menyetujui itu karena nanti yang akan nomor satu adalah Partai Gerindra, bukan PDI Perjuangan," jelasnya.

Menurut Qodari, dalam setiap simulasi, PDIP selalu menginginkan calon yang diusungnya berada di posisi sebagai capres, seperti halnya gerakan Jokpro 2024. Meski begitu, dirinya tetap mengapresiasi dan menghargai upaya kelompok-kelompok yang mendukung Prabowo sebagai calon presiden dan Jokowi sebagai cawapresnya.

"Tapi bagi kami gagasan prabowo Jokowi itu kami juga senang, tepuk tangan saja. Karena persamaannya bahwa pertama, nama Jokowi dan Prabowo diangkat. Kedua, ini kan ddua tokoh yang selama ini merepresentasikan dukungan politik masyarakat Indonesia. Ya jadi kalau digabungkan itu satu kabar baik," terangnya.


Ia juga mengatakan bahwa munculnya dukungan terhadap dua tokoh tersebut dalam satu simulasi pasangan capres dapat membantu mewujudkan keharmonisan masyarakat yang sempat terpecah akibat perbedaan dukungan politik.

"Karena sampai hari ini masih banyak pendukung Pak Jokowi yang tidak bisa menerima Pak Prabowo, demikian juga sebaliknya. Sehingga jika dua nama itu disebut secara bersamaan dalam satu tarikan nafas maka sebetulnya kabar baik bagi proses rekonsiliasi dan bagi penyatuan pasangan ini dalam 2024 yang akan datang," pungkas Qodari yang juga direktur eksekutif Indo Barometer. 


Video Terkait:
Suami Pergoki Istrinya Bercinta dengan Oknum Anggota DPRD
Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo