POLHUKAM

Kunker Komisi III ke PN Jakpus Sudah Diagendakan Sejak 18 Januari

Anggota Komisi III DPR menyambangi Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. (Net)
Anggota Komisi III DPR menyambangi Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. (Net)


JAKARTA - Kunjungan Kerja Anggota Komisi III DPR RI ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, hari ini, Senin (31/1/2022), sudah sesuai dengan jadwal.

Hal itu sebagaimana disampaikan Sekretariat Komisi III DPR RI, Novianti Ujang Kardi, saat dikonfirmasi Info Indonesia.

"Betul," kata Novi.

Disampaikan Novi, agenda kunker Komisi hukum itu ke PN Jakpus sudah diagendakan sejak jauh-jauh hari, yakni pada tanggal 18 Januari lalu.

"Sudah diagendakan pada rapat internal tanggal 18 Januari lalu," ujarnya.


Berdasarkan penjelasannya, kunker tersebut tidak diikuti oleh seluruh anggota Komisi III, melainkan hanya diwakili oleh beberapa anggota yang menjadi perwakilan fraksi.

"Hanya sebagian anggota perwakilan fraksi," katanya.

Sebagaimana diketahui, kunker Komisi III DPR ramai diperbincangkan lantaran bertepatan dengan sidang kasus korupsi yang melibatkan bekas Ketua DPR RI, Muhammad Azis Syamsuddin, di PN Tipikor Jakarta Pusat.

Sebelumnya, Anggota DPR RI dari Fraksi PPP, Asrul Sani menegaskan jika kunjungannya tidak ada kaitan dengan perkara sidang yang diagendakan. Menurutnya, kunjungan kali ini sudah direncanakan sejak awal masa sidang, sekitar 12-13 Januari 2022 atau saat rapat pleno.

Dia mengatakan, pada saat perencanaan, anggota DPR juga tidak mengetahui ada sidang perkara siapa. "Nah, saya kira semua jadwal Komisi III itu disepakatinya di awal termasuk raker-raker, kunjungan kerja itu di awal. Kadang-kadang faktor kebetulan itu yang tidak bisa dihindari," kata Asrul Sani.

Asrul mengatakan kunjungan ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat berkaitan dengan lingkungan peradilan berada di bawah Mahkamah Agung. DPR, kata dia, mempunyai fungsi pengawasan yang terkait dengan penggunaan anggaran dan rencana anggaran.

"Kunjungan kami ke sini itu dalam rangka melihat apakah anggaran tahun 2021 itu yang dialokasikan untuk Pengadilan Jakarta Pusat itu telah diimplementasikan dan digunakan dengan baik dan benar atau tidak," kata Arsul.

Selain itu, Asrul Sani melanjutkan, anggota DPR juga berkepentingan untuk mendengarkan pihak pimpinan peradilan beserta stafnya terkait dengan kebutuhan untuk membuat fasilitas pengadilan menjadi lebih nyaman.

Rombongan anggota Komisi III DPR RI yang mendatangi Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, sempat datang ke sidang kasus dugaan korupsi dengan terdakwa Muhammad Azis Syamsuddin.

Rombongan Komisi yang membidangi masalah hukum itu hadir pukul 10.00 WIB. Tampak terlihat Arsul Sani, Adies Kadir, Taufik Basari, dan Sarifuddin Suding.

Editor: Saeful Anwar