POLHUKAM

Kasus Arteria Dahlan Tak Pengaruhi Elektabilitas PDIP

Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP, Arteria Dahlan. (Dok DPR RI)
Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP, Arteria Dahlan. (Dok DPR RI)


BANDUNG - Kasus ujaran bernuansa SARA yang menjerat Arteria Dahlan tidak memengaruhi elektabilitas PDI Perjuangan. Sebab, Arteria bukan petinggi partai berlambang kepala banteng itu.

"Saya sih tidak melihat kalau kasus Arteria Dahlan ini bisa menurunkan elektabilitas PDIP," kata Pengamat Politik dari Universitas Padjadjaran (Unpad), Firman Manan dikutip dari Antara, Senin (31/1/2022).

Menurut Firman, ada sejumlah hal yang membuat kasus Arteria Dahlan tidak berdampak signifikan terhadap elektabilitas PDI Perjuangan.

"Yang pertama ialah karena Arteria Dahlan itu bukan elite PDIP, tapi kalau misalnya yang bicara itu sekelas ketum sekjen atau elite strategis maka akan lain dampaknya nanti. Dan saya menilai Arteria Dahlan bukan elite stategis di PDI Perjuangan," kata dia.

Kedua, lanjut Firman, Arteria Dahlan tidak dalam posisi untuk kemudian didorong oleh PDIP menjadi caleg atau menempati posisi atau jabatan staregis di Jawa Barat.


"Karena kalau pun kita bicara plihan partai. Tadi dijelaskan temuan partai bahwa party-id (identification) di Jawa Barat itu rendah dan 80 persen orang memilih bukan karena kedekatan dengan partai namun karena faktor figur," kata dia.


Video Terkait:
Anggiat Pasaribu Pemaki Ibunda Arteria Dahlan Bukan Istri Brigjen Zamroni
Editor: Khoirur Rozi