POLHUKAM

KPK Periksa Legislator PSI Terkait Formula E

Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (ANTARA)
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (ANTARA)


JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta, Anggara Wicitra Sastroamidjojo terkait Formula E. KPK memang tengah menyelidiki dugaan pidana pada penyelenggaraan ajang balap ini.

“Benar ada permintaan keterangan oleh tim penyelidik terhadap yang bersangkutan," kata Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri dikutip dari Antara, Kamis (3/2/2022).

Namun Ali tidak bisa menjelaskan lebih rinci soal materi pemeriksaan terhadap politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu. Hal ini disebabkan kasus ini masih dalam tahap penyelidikan.

"Karena masih pada tahap penyelidikan tentu tidak bisa kami sampaikan materinya," ujarnya.

Sebelumnya, KPK menyampaikan bakal meminta keterangan sejumlah pihak untuk menyelidiki penyelenggaraan Formula E. Penyelidikan ini sebagai tindak lanjut atas laporan masyarakat.


Pemprov DKI Jakarta dan BUMD DKI PT Jakarta Propertindo (Jakpro) juga telah menyerahkan dokumen yang berisi seluruh proses penyelenggaraan Formula E kepada KPK pada 9 November 2021.

Kepala Inspektorat DKI Jakarta Syaefulloh Hidayat mengatakan penyerahan dokumen mengenai penyelenggaraan Formula E kepada KPK merupakan bentuk transparansi Pemprov DKI Jakarta.

Penyerahan dokumen tersebut merupakan bagian dari upaya memitigasi risiko dalam setiap penyelenggaraan urusan pemerintahan khususnya di Pemprov DKI Jakarta.


Video Terkait:
Kawasan Ancol Jadi Sirkuit Formula E
Editor: Khoirur Rozi