EKONOMI

Jadi Menteri ESDM Ad Interim, Bahlil Lahadalia Pimpin Rapat Perdana

Menteri ESDM ad interim, Bahlil Lahadalia, memimpin rapat di Kementerian ESDM. (IG/Bahlillahadalia)
Menteri ESDM ad interim, Bahlil Lahadalia, memimpin rapat di Kementerian ESDM. (IG/Bahlillahadalia)


JAKARTA - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, saat ini juga mengemban tanggung jawab sebagai Menteri ESDM ad interim menggantikan Arifin Tasrif yang sedang menjalani isolasi mandiri.

Hal itu diakui langsung oleh Bahlil melalui akun media sosial Instagram @bahlillahadalia. Ia mengaku ditunjuk oleh Presiden RI, Joko Widodo, melalui surat yang dikeluarkan Sekretariat Negara pada Kamis (3/2/2022) kemarin.

"Berdasarkan surat dari Menteri Sekretaris Negara tertanggal 3 Februari 2022, Pak Presiden Jokowi menunjuk saya sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral ad interim untuk beberapa hari ke depan," tulis Bahlil, Jumat (4/2/2022).

Pasca-penunjukkannya sebagai menteri ad interim, Bahlil langsung menjalankan tugas yang ditandai dengan memimpin rapat di Kementerian ESDM. Menurutnya, hal itu dilakukan untuk mempermudah koordinasi sekaligus silaturahmi dengan jajaran di lembaga tersebut.

"Sebagai upaya koordinasi internal, pagi hari tadi saya mulai menjalankan amanah baru ini dengan memimpin rapat perdana sekaligus untuk bersilaturahim dengan seluruh jajaran Eselon I di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral," jelasnya.


Sebelumnya, Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM, Agung Pribadi, mengatakan bahwa Arifin Tasrif tetap dalam kondisi baik walaupun sedang menjalani isoman sejak 30 Januari 2022. Rencananya, jabatan menteri ad interim yang diemban oleh Bahlil hanya berlangsung dalam waktu sepekan.

"Pak menteri dalam kondisi baik, sekarang sedang isoman. Insya Allah minggu depan sudah kembali bekerja. Mohon doanya," kata Agung kepada wartawan.

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo