POLHUKAM

JIS dan Formula E Bisa Jadi Modal Kampanye Anies Maju Pilpres 2024

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (ANTARA)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (ANTARA)


JAKARTA - Direktur Eksekutif Center for Political Communication Studies (CPCS), Tri Okta menyampaikan bahwa Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bisa memanfaatkan pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) jadi modal kampanye.

"Stadion (JIS) dan sirkuit menjadi modal kampanye politik Anies sebelum lengser sebagai gubernur dan maju ke kancah Pilpres,” kata Okta dalam keterangan tertulis, Jumat (4/2/2022).

Selain JIS, Okta menuturkan Anies juga menjadikan gelaran balap mobil listrik Formula E atau Jakarta E-Prix 2022 sebagai modal kampanye menjelang Pilpres 2024.

Apalagi, dalam berbagai survei elektabilitas, Anies menduduki papan atas. Seperti dalam survei CPCS, Anies menduduki posisi kedua di bawah Prabowo Subianto, dan unggul dari Ganjar Pranowo.

"CPCS melakukan survei wawancara tatap muka langsung terhadap 1.200 orang responden mewakili seluruh provinsi di Indonesia dengan menggunakan metode "multistage random sampling periode 21-31 Januari 2022 pada tingkat kepercayaan 95 persen dan tingkat kesalahan kurang lebih 2,9 persen," jelasnya.


Hasil survei itu menunjukkan Prabowo memiliki elektabilitas sebesar 18,3 persen, Anies 14,8 persen, dan Ganjar menyusul pada peringkat tiga dengan meraih 14,5 persen.

Okta menyebutkan Anies juga memiliki modal kuat untuk bertarung pada Pilpres 2024 karena mendapat dukungan dari beberapa partai politik seperti NasDem, PPP, dan PAN.

Okta mengungkapkan bahwa PPP membuka ruang dukungan kemungkinan untuk mengusung Anies sebagai capres.

Selain mendapat gelar tokoh persatuan pembangunan, Anies juga diundang hadir pada Muskerwil PPP di Yogyakarta, beberapa waktu lalu.


Video Terkait:
PPP Harus Mampu Adptasi di 2024
Editor: Khoirur Rozi