DAERAH

Anies Harus Tepati Janji Pada Warga Jakarta

Gubernur DKI Jakarta, Anies R Baswedan. (Net)
Gubernur DKI Jakarta, Anies R Baswedan. (Net)


JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan sebaiknya fokus dengan program-program yang dijanjikan kepada warga Ibu Kota pada masa kampanye Pilgub DKI 2017 lalu.

Pengamat tata kota, Nirwono Yoga mengingatkan hal tersebut lantaran masa kekuasaan Anies di Jakarta yang tinggal beberapa bulan lagi berakhir. Ketimbang Anies sibuk dengan urusan Formula E, lebih baik Anies menepati janji-janjinya kepada warga Jakarta.

"Syukur-syukur bisa dituntaskan meskipun tidak semua," kata Nirwono Yoga saat dihubungi Info Indonesia, Minggu (13/2/2022).

Lagi pula buat apa Anies fokus pada Formula E, sebab proyek untuk menyelenggarakan balap mobil listrik itu tidak bisa disebut sebagai prestasi Anies. Karena, kata dia, tidak masuk ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) pada 2017-2022.

Sehingga, bukan program prioritas Pemerintah Daerah (Pemda) DKI, dan seharusnya juga tidak boleh dianggarkan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) oleh Pemda DKI.


"Karena tidak ada dalam RPJMD tersebut, sehingga tidak ada urgensi juga," kata dia.

Dirinya menyebut Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI tidak memiliki kesiapan yang mantang untuk menyelenggaran balapan mobil listrik itu. Dia pun ragu dengan kualitas yang akan dihasilkan dari pekerjaan yang digarap terburu-buru.

"Pemda DKI perlu segera memastikan jadi atau tidaknya pelaksanaan Formula E yang tinggal menghitung hari," kata dia.


Video Terkait:
Kawasan Ancol Jadi Sirkuit Formula E
Editor: Saeful Anwar