DAERAH

PSI Ultimatum Pemprov DKI Soal Proyek Formula E

Sirkuit Formula E di Ancol yang berbentuk kuda lumping. (Net)
Sirkuit Formula E di Ancol yang berbentuk kuda lumping. (Net)


JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta diimbau untuk tetap mematuhi aturan yang berlaku, terkait proyek pembangunan sirkuit Formula E.

"Kami harap sesuai aturan. Jangan sampai ini jadi pelanggaran di masa depan, mengingat keterburu-buruan eksekusinya," ujar kata Wakil Ketua Fraksi PSI DPRD DKI, Justin Adrian, saat dihubungi Info Indonesia, Jumat (18/2/2022).

Meski demikian, PSI meragukan sirkuit balap mobil listrik itu akan rampung kurang dari dua bulan. Kabarnya, FIA dan FEO akan melakukan inspeksi untuk memastikan kelayakan dari lintasan balap.

"Tentu masih ada beberapa kecemasan terkait pelaksanaan Formula E. Formula E ini akan dilaksanakan sebentar lagi, waktu sudah mepet. Track tersebut harus ready minimal 2 bulan sebelum pelaksanaan," kata dia.

Jika Formula E ingin berhasil terlaksana, Justin meminta kepada Gubernur DKI, Anies Baswedan turun langsung dalam mengawasi pekerjaan sirkuit tersebut, agar penyelesaiannya proyek itu sesuai dengan target yang ditentukan.


"Kami tahu apa yang Pak Anies rasakan, pasti pusing kalau ini tidak bisa tereksekusi, ada baiknya Pak Anies cek langsung, dan monitor setiap harinya. Jangan sampai mengecewakan."

Justi menegaskan bahwa PSI tidak tinggal diam jika Pemprov DKI melakukan kesalahan yang merugikan uang rakyat. "Kami harap ini diperhatikan. Kita tidak mau ada risiko besar buat uang rakyat yang sudah terlanjur ke luar," kata dia.

Pembangunan sirkuit Formula E di Taman Impian Jaya Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, sudah mulai berjalan. Adalah PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk sebagai pemenang tender sirkuit Formula E.

Berdasarkan informasi dari lokasi, Rabu (16/2/2022), sejumlah alat berat dan truk membawa batu dan pasir terlihat melakukan aktivitas. Sejumlah mobil truk pengangkut batu dan pasir terlihat sedang mengantre untuk memasuki lahan sirkuit. Beberapa pekerja maupun alat berat terlihat bekerja membangun sirkuit yang berseberangan langsung dengan Jakarta International Stadium (JIS) tersebut.

Sejumlah papan pembatas telah terpasang dari Bundaran Bende (bundaran gong) hingga di depan bekas gedung Mall ABC menjadi tanda dimulainya pembangunan sirkuit E-Prix 2022.

Sementara itu di belakang gedung Mall ABC hingga ujung depan restoran Jimbaran yang menjadi titik awal pembangunan juga telah dipasang pembatas MCB (Moveble Concrete Barier). Pemasangan MCB ini dilakukan agar tidak sembarang orang bisa masuk.

Sisi selatan proyek pembangunan, terdapat sebuah gundukan besar batu krikil yang akan digunakan untuk urukan jalur sirkuit. Selain itu di beberapa sisi, terdapat titik batas yang telah terisi pasir.


Video Terkait:
Kawasan Ancol Jadi Sirkuit Formula E
Editor: Saeful Anwar