POLHUKAM

Demi Perbaikan Ekonomi, Cak Imin Usul Pemilu 2024 Diundur Dua Tahun

Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar. (Net)
Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar. (Net)


JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar, mengusulkan agar Pemilihan Umum 2024 diundur selama dua tahun.

Pimpinnan DPR yang akrab disapa Cak Imin itu mengaku mendapat masukan dari pelaku UMKM dan para analis terkait prospek ekonomi Indonesia pada tahun ini. Ia mengaku khawatir bahwa Pemilu 2024 akan mempengaruhi kondisi ekonomi di tengah masa pemulihan dampak COVID-19.

"Dari kunjungan saya ke daerah dan melihat prospek yang positif ke depan, momentum yang baik-baik ini ke depan tidak boleh diabaikan. Saya melihat tahun 2024, pemilu yang rencananya kita laksanakan bulan Februari itu. Jangan sampai prospek ekonomi yang baik itu terganggu karena pemilu," jelasnya di Komplek Parlemen, Jakarta, Rabu (23/2/2022).

Cak Imin menyebutkan sejumlah kondisi yang diakibatkan dari perhelatan pemilu dan dapat berdampak negatif terhadap kondisi perekonomian. Kondisi itu meliputi agresivitas ekonomi, ketidakpastian ekonomi dan eksploitasi ancaman konflik.

"Pemilu itu juga dikhawatirkan, mudah-mudahan tidak terjadi. Eksploitasi ancaman konflik," tuturnya.


Oleh karena itu, Cak Imin mengusulkan gelaran Pemilu 2024 diundur selama satu sampai dua tahun berikutnya, agar tidak kehilangan momentum perbaikan ekonomi nasional.

"Saya mengusulkan pemilu tahun 2024 ditunda satu atau dua tahun agar momentum perbaikan ekonomi ini tidak hilang. Dan kemudian tidak terjadi freeze untuk mengganti stagnasi selama dua tahun masa pandemi," jelas Cak Imin.

Ia mengaku serius dengan usulan pengunduran jadwal pemilu tersebut dan akan menyampaikannya kepada para pimpinan partai politik lain dan Presiden RI, Joko Widodo.

"Moga-moga usulan saya nanti saya sampaikan ke teman-teman pimpinan-pimpinan partai, saya usulkan ke Presiden. Apakah bisa, betul ya nanti kita lihat saja apakah mungkin bisa diundur atau tidak," pungkas Cak Imin yang juga Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).


Video Terkait:
Mendagri Tegaskan Pemilu 2024 Tetap Berlangsung
Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo