DAERAH

Masuki Hari ke-21, Pembangunan Sirkuit Formula E Capai 28,50 Persen

Pembangunan sirkuit Formula E Jakarta di Ancol, Jakarta Utara. (Instagram/jakprogroup)
Pembangunan sirkuit Formula E Jakarta di Ancol, Jakarta Utara. (Instagram/jakprogroup)


JAKARTA – Pembangunan sirkuit Formula E terus dikebut mengingat ajang balap mobil listrik ini bakal berlangsung pada Juni 2022 mendatang. Kini, progres pembangunan sirkuit yang terletak di Ancol, Jakarta Utara, itu sudah mencapai 28,50 persen.

"Rencananya kami per hari ini adalah 19,69 persen, tapi saat ini mencapai 28,50 persen," kata Penanggung Jawab Pembangunan Sirkuit Formula E dari PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama, Ari Wibowo dikutip dari Antara, Rabu (23/2/2022).

Ari mengatakan, pembangunan sirkuit saat ini memasuki hari ke-21 dari target sesuai kontrak kerja mencapai 54 hari yang dimulai sejak 3 Februari 2022. Ari menjelaskan, pengerjaan lintasan ajang balap mobil listrik internasional itu dibagi dalam lima zona.

Dari seluruh bagian, zona lima sepanjang satu kilometer menurut Ari paling sulit karena kontur tanah yang lunak. Ari menjelaskan, zona lima ini mencakup 40 persen konstruksi sirkuit.

"Zona lima ini paling sulit dan paling menguras energi dan konsentrasi," ujarnya.


Ratusan pekerja konstruksi dikerahkan untuk mengerjakan area lintasan Formula E Jakarta yang sudah memasuki tahap pemadatan tanah dan menggunakan batu kapur.

Adapun lintasan Formula E Jakarta memiliki panjang 2,4 kilometer dengan lebar 12 meter. Sejumlah alat berat dikerahkan untuk memadatkan tanah yang selanjutnya akan diaspal.

Rencananya, Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) memiliki 18 tikungan dengan desain mirip kuda lumping dengan pemandangan Jakarta International Stadium (JIS).


Video Terkait:
Kawasan Ancol Jadi Sirkuit Formula E
Editor: Khoirur Rozi