POLHUKAM

Perpanjangan Masa Jabatan Presiden

Masa Jabatan Kepala Daerah Bisa Ikut Diperpanjang

Dewan Pembina Perludem, Titi Anggraini
Dewan Pembina Perludem, Titi Anggraini


JAKARTA - Usulan perpanjangan masa jabatan presiden bisa berdampak terhadap perpanjangan masa jabatan kepala daerah.

Hal itu dikemukakan Dewan Pembina Perludem, Titi Anggraini, dalam diskusi bertajuk "Usulan Jabatan Presiden Diperpanjang, Bagaimana Nasib Kepala Daerah?", Minggu (27/2/2022).

"Bisa saja diberi 'gula-gula' untuk perpanjangan masa jabatan kepala daerah. Di sini secara simultan kita dihadapkan pada pelanggaran konstitusi secara berjemaah," kata Titi.

Menurutnya, perpanjangan masa jabatan kepala daerah bisa saja ditawarkan oleh pemerintah pusat. Tujuannya agar jajaran eksekutif di daerah juga mendukung narasi perpanjangan masa jabatan presiden.

Sementara, Anggota Komisi XI DPR, Masinton Pasaribu, mengatakan, penyelenggaraan pemerintah pusat dan pemerintah daerah adalah dua rezim yang berbeda. Sehingga, perpanjangan masa jabatan kepala daerah tidak perlu dilakukan.


"Dinamikanya berbeda. Kalau dinamika di pusat ini berpengaruh ke dunia internasional. Kalau dikasih gula-gula itu tinggal pilihan saja, bisa diambil atau tidak. Jadi, menurut saya, tidak perlu diperpanjang kepala daerah karena rezimnya berbeda," kata Masinton.


Video Terkait:
PPP Harus Mampu Adptasi di 2024
Editor: Rusdiyono