POLHUKAM

Partai NasDem Tidak Jadi Gelar Konvensi Capres

 Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. (Dok NasDem)
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. (Dok NasDem)


JAKARTA - Partai NasDem memastikan tidak akan menggelar konvensi penjaringan calon presiden (capres) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024. Hal ini disampaikan langsung Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh saat Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

"Konvensi saya anggap selesai dan (Partai) NasDem tak akan menyelenggarakannya. Ini agar tidak terjadi kesimpangsiuran," kata Paloh dikutip dari Antara, Senin (28/2/2022).

Paloh mengatakan, alasan Partai NasDem tidak menyelenggarakan konvensi itu ialah terkait syarat formal untuk diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai calon presiden, yakni minimal memiliki 20 persen suara.

Partai NasDem hanya mempunyai 9,6 persen pada Pemilu 2019, sehingga harus berkoalisi dengan partai politik lain untuk dapat mengusung pasangan calon presiden dan wakil presiden.

"Kami sangat perlu koalisi. Tapi sayang seribu sayang, banyak partner yang masih sibuk ingin jadi presiden. Jadi, untuk apalagi diteruskan konvensi?," ucap dia.


Sebagai ganti konvensi capres, Partai NasDem menyelenggarakan Rembuk Nasional melalui Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada 15-17 Juni 2022, dengan membahas berbagai topik penting, salah satunya terkait pencalonan presiden 2024.

Editor: Khoirur Rozi