POLHUKAM

Surya Paloh: Wacana Penundaan Pemilu 2024 Bakal Game Over

Ketua Umum DPP Partai NasDem, Surya Paloh. (Dok Partai NasDem)
Ketua Umum DPP Partai NasDem, Surya Paloh. (Dok Partai NasDem)


JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai NasDem, Surya Paloh menilai wacana penundaan Pemilu 2024 bakal kandas. Menurutnya, wacana ini tidak akan terealisasi karena tak ada keberanian dari elit politik mengamendemen Undang-Undang Dasar 1945.

Ia melanjutkan, menunda Pemilu Tidak bisa hanya dengan sebuah peraturan pemerintah pengganti undang-undang.

“Prediksi Nasdem, itu tidak berakhir pada tingkat keberanian dan kesepakatan untuk mengamendemen undang-undang," kata Paloh dikutip dari Antara, Kamis (3/3/2022).

Ketika penundaan Pemilu diputuskan melalui perppu, dia menilai hal itu sangat berbahaya dan bisa menjerumuskan pemerintah saat ini.

"Satu-satunya adalah membawa ini ke sidang MPR dan amandemen. Nasdem mampu memprediksikannya, sebelum sampai situ, game is over (berakhir). Untuk apa kita buang energi kepada hal hal itu, banyak hal lain yang harus jadi konsern kita bersama," tegasnya.


Ia mengatakan banyak hal yang bisa dilakukan ketimbang memikirkan isu penundaan Pemilu 2024. Salah satunya perihal penanganan pandemi COVID-19 yang belum berakhir dan juga mengenai pemindahan Ibu Kota.

"Ini hal hal yang lebih besar dari pada hal itu. Ibarat air, ketika dia di gelas itu diisi air melampaui gelasnya, dia akan tumpah, itu tidak baik. Kita punya kapasitas yang maksimum dan jangan melampaui hal ini," tambahnya.


Video Terkait:
Mendagri Tegaskan Pemilu 2024 Tetap Berlangsung
Editor: Khoirur Rozi