POLHUKAM

Azis Samual Jadi Tersangka, Golkar Dinilai Abai Terhadap Kader

Politisi Golkar, Azis Samual. (ANTARA)
Politisi Golkar, Azis Samual. (ANTARA)


JAKARTA - Partai Golongan Karya (Golkar) dinilai kurang melakukan pengawasan dan abai dalam membina perilaku kader-kadernya. Hal ini diungkap pengamat politik, Efriza menanggapi peristiwa pengeroyokan yang dilakukan politisi Golkar, Azis Samual terhadap Ketua Komisi Nasional Pemuda Indonesia, Haris Pertama.

"Aspek ini terlihat bahwa peran partai dalam membina perilaku para anggota politikusnya cenderung abai," kata Efriza, saat berbincang dengan Info Indonesia, Jumat (4/3/2022).

Efriza menilai, perilaku Azis tidak memberikan contoh yang baik sebagai seorang politisi. Menurutnya, hal itu akan berdampak buruk pada penilai publik terhadap para politisi.

"Memang tidak berpengaruh signifikan terhadap partai. Tapi hanya saja dalam partai menjadi tempat dari para orang yang etitutnya kurang bagus dan tidak dapat di contoh oleh masyarakat," terang Efriza.

Seharusnya, lanjut dia, seorang politik harus memberikan contoh yang baik bagi lingkungan maupun masyarakat. Sebab, jika hal itu tidak dilakukan para politisi, masyarakat akan beranggapan bahwa tindakan yang dilakukan Azis Samual kerap dilakukan politisi lainnya.


"Masyarakat bisa melihat bahwa jangan-jangan orang partai orang yang kasar, orang partai kurang bisa untuk lebih sabar. Dan peristiwa itu menjadi pembelajaran untuk kita semua," tandas Efriza.


Video Terkait:
Diduga, Airlangga Buka Suara Soal Perselingkuhan
Editor: Khoirur Rozi