OLAHRAGA

The Doctor Lahap 73 Lap Tes Pramusim GT World Challenge Europe

Valentino Rossi
Valentino Rossi


JAKARTA – Legenda MotoGP, Valentino Rossi, memulai petualangan barunya di dunia balap dengan akan mengikuti GT World Challenge Europe musim ini, setelah tahun lalu memutuskan pensiun dari arena balap motor.

Juara dunia tujuh kali MotoGP itu ambil bagian dalam tes pramusim resmi GT World Challenge Europe pada hari kedua di Sirkuit Paul Ricard, Perancis, Selasa (8/3/2022). Rossi mengemudikan Audi R8 GT3 LMS Evo II pada kesempatan tersebut.

Membalap untuk W Racing Team (WRT) musim ini, The Doctor ikut dalam kategori Endurance dan Sprint Cup GTWCE. Dia menyelesaikan total 73 lap selama hari pengujian. Dia berbagi mobil dengan pembalap tim pabrikan Audi Nico Muller dan Frederic Vervisch.

“Ini hari pengujian yang baik dan juga pertama kalinya kami melakukan tes bersama-sama. Sehingga kami dapat memiliki referensi yang lebih baik,” kata pembalap 43 tahun itu.

“Kami telah banyak bekerja pada mobil dan set-up. Tentu saja ada area yang perlu kami perbaiki dan tingkatkan, tetapi feeling-nya sudah bagus. Trek (Paul Ricard) ini bukan hal baru bagi saya. Namun, saya belum mengemudi di sini selama lebih dari 20 tahun, jadi saya perlu menemukan jalan, tetapi pada akhirnya itu adalah hari yang baik,” imbuh Rossi.


The Doctor berada empat persepuluh dari catatan waktu mobil tercepat selama sesi pagi Selasa. Catatan waktu terbaiknya 1 menit 54,735 detik, atau lebih lambat dibandingkan dengan Vervisch dengan 1 menit 54,331 detik. 

Rossi melaju lebih lambat pada sesi sore ketika menyelesaikan lebih sedikit lap. Waktunya 1 menit 55,271 detik. Kali ini gapnya menjadi lebih lebar dari Vervisch yang mencetak 1 menit 53,960 detik.

Editor: Rusdiyono