OLAHRAGA

Sisakan Dua Ganda Campuran, Wakil Indonesia Bertumbangan di German Open 2022

Ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari
Ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari


JAKARTA – Indonesia tak bisa berbuat banyak di German Open 2022 setelah wakil-wakil yang turun kandas di babak 16 besar. Kini, harapan Merah Putih tinggal ada di pasangan ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dan Adnan Maulana/Mychelle Chrystine Bandaso di perempat final turnamen berlevel BWF Super 300 itu.

Rinov/Pitha jadi yang pertama melaju ke perempat final setelah mengalahkan wakil jepang, Yuki Kaneko/Misaki Matsumoto, dua gim langsung di Ruhr, Jerman, Kamis malam waktu setempat.

Sedangkan, Adnan/Mychelle, yang dapat jadwal paling buncit di lapangan nomor dua hanya butuh waktu 33 menit untuk menyisihkan pasangan Denmark, Mikkel Mikkelsen/Rikke Soby, 21-13, 21-14.

Nasib kurang baik dialami wakil-wakil Indonesia di nomor tunggal putra setelah Jonatan Christie yang berstatus unggulan keenam malah ditaklukkan pebulu tangkis Thailand Kunlavut Vitidsarn 20-22, 9-21.

Tunggal putra lainnya, Anthony Sinisuka Ginting, yang berstatus unggulan keempat tampil kurang berkembang. Sehingga harus menerima kekalahan mengejutkan 7-21, 9-21 dari wakil India Lakhsya Sen setelah bertanding 34 menit.


Indonesia juga kehilangan satu-satunya wakil di nomor ganda putra setelah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto langkahnya terhenti di tangan pasangan China, He Ji Ting/Zhou Hao Dong.

Pasangan Rinov/Pitha hanya perlu waktu 30 menit untuk mengalahkan lawannya berbekal fokus dan berani menyerang.

"Kunci kemenangan kami hari ini dengan bermain fokus, berani menyerang dari awal dan saling percaya sama pasangan," kata Pitha lewat informasi tertulis PP PBSI.

Selain didukung faktor internal, kesuksesan mereka menuju babak delapan besar hari ini, juga terbantu kondisi lawan yang dinilai tidak dalam kondisi maksimal. Sehingga mempengaruhi permainan mereka.

"Lawan juga sedang tidak enak mainnya. Jadi kami memanfaatkan kesempatan untuk menyerang terus. Tidak memberikan kesempatan lawan untuk berkembang," ujar Rinov.

Secara catatan pertemuan, Rinov/Pitha unggul atas Kaneko/Matsutomo. Sebelum pertandingan kemarin, andalan pertama Pelatnas Cipayung itu sudah unggul 2-1, dengan pertemuan terakhir terjadi di Denmark Open 2021.

"Tadi saya dan Rinov lebih siap daripada saat pertemuan terakhir. Lebih memaksa buat main cepat dan tidak kasih mereka kesempatan menyerang," ungkap Pitha.

Sudah tiba di perempat final, Rinov/Pitha tidak mau berpuas diri. Mereka ingin terus melaju sejauh mungkin di German Open.

"Yang pasti bersyukur sudah sampai perempat final. Untuk besok harus lebih siap dan lebih bagus. Kami mau terus karena ada target. Tapi harus selangkah demi selangkah," kata Rinov.

Di babak delapan besar yang akan berlangsung hari Jumat, Rinov/Pitha sudah ditunggu wakil Inggris unggulan kelima Marcus Ellis/Lauren Smith.


Video Terkait:
Pemain Turki Tetap Diperbolehkan Bertanding
Editor: Rusdiyono