DAERAH

Stok Vaksin di Jakarta Masih Banyak

Tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada warga di Sentra Vaksin Hippindo SMESCO, Jakarta. (Antara Foto/Galih Pradipta)
Tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada warga di Sentra Vaksin Hippindo SMESCO, Jakarta. (Antara Foto/Galih Pradipta)


JAKARTA - Dinas Kesehatan DKI Jakarta memastikan stok vaksin COVID-19 yakni jenis Sinovac, Astrazaneca dan Pfizer masih dalam kategori aman.

"Saat ini ada tiga jenis vaksin. Sinovac kami prioritaskan untuk yang vaksinasi primer, sedangkan untuk vaksinasi booster tersedia Astrazeneca dan Pfizer," jelas Kepala Dinkes DKI Jakarta, Widiyastuti, Jumat (11/3/2022).

Ia mengatakan, karena stok vaksin masih aman, diharapkan masyarakat segera datang ke fasilitas kesehatan terdekat untuk memperoleh vaksin, terutama dosis ketiga atau booster. Karena capaian vaksinasi booster sampai saat ini masih rendah yakni sekitar 1,6 juta orang. Rendahnya capaian vaksinasi booster, karena masih banyaknya masyarakat yang memilih-milih jenis vaksin.

Menurut Widyastuti, memilih-milih vaksin adalah sikap yang kurang tepat. Sebab, semua vaksin ada jaminan keamanan yakni telah mendapat izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Pada dasarnya semua vaksin yang dikirim ke DKI sudah mendapatkan rekomendasi dan aman. Jadi tidak perlu ragu-ragu, silakan datang ke faskes," tuturnya.



Video Terkait:
RS Ikut Pemerintah Soal Harga Vaksin Mandiri
Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo