POLHUKAM

Buron Dua Tahun Lebih, KPK Ngaku Masih Nyari Harun Masiku

Buronan KPK, Harun Masiku. (Net)
Buronan KPK, Harun Masiku. (Net)


JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi mengaku sampai saat ini belum mendapatkan informasi terkait keberadaan tersangka Harun Masiku, yang telah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

"Sampai sekarang kami belum mendapat informasi keberadaan yang bersangkutan (Harun Masiku)," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (11/3/2022).

Namun, Alex mengklaim jika lembaganya terus mencari keberadaan buronan yang merupakan mantan Caleg PDIP itu.

"Tentu kami masih terus mencari bahkan terakhir kami sudah mengirimkan red notice ke Interpol, dan masih berjalan saya kira," ujar dia.

Harun Masiku merupakan tersangka kasus dugaan suap terkait penetapan anggota DPR RI terpilih tahun 2019-2024 yang sudah berstatus DPO sejak Januari 2020. Interpol telah menerbitkan red notice terhadap Harun Masiku.


Sebelumnya, KPK berkomitmen untuk segera menangkap empat tersangka kasus tindak pidana korupsi yang telah masuk dalam DPO setelah COVID-19 mereda, termasuk Harun Masiku.

"Kami terus kejar mudah-mudahan setelah COVID-19 agak reda kami bisa lebih leluasa untuk mencari DPO tersebut. Yang jelas KPK berkomitmen bukan hanya untuk Harun Masiku, tapi untuk keempat-empatnya, kami akan laksanakan penangkapan segera setelah COVID-19 mereda," kata Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron saat konferensi pers capaian kinerja KPK 2021, di Gedung KPK, Jakarta, 29 Desember 2021.

Dewan Pengawas (Dewas) KPK menyebut KPK serius untuk mencari Harun Masiku. Hal itu, kata Ketua Dewas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean dibuktikan dengan penggeledahan yang dilakukan untuk mencari Harun Masiku setelah mendapat izin Dewas KPK.

Editor: Saeful Anwar