POLHUKAM

Gempa Nias di Zona Megathrust, Ketua DPR: Mitigasi Harus Diperkuat

Ketua DPR RI, Puan Maharani. (Net)
Ketua DPR RI, Puan Maharani. (Net)


JAKARTA - Pemerintah diminta memperkuat sistem mitigasi, menyusul gempa bumi yang terjadi di Nias Selatan, Sumatera Utara, Senin (14/3/2022) pagi.  Apalagi gempa terjadi di zona megathrust.

Ketua DPR RI, Puan Maharani juga meminta petugas bersama warga agar terus melakukan penyisiran untuk memastikan dampak gempa, utamanya memastikan kondisi keselamatan warga.

Aparat, kata Puan, juga perlu ikut membantu mengatasi kepanikan warga yang sempat terjadi akibat gempa. Puan meminta Pemda Nias Selatan dan pemda yang berada di sekitarnya menyiapkan infrastruktur yang diperlukan untuk mengantisipasi adanya gempa susulan.

BPBD bersama tim SAR gabungan lain pun diharapkan selalu siaga. Sekali pun gempa tidak berpotensi tsunami, pemantauan harus dilakukan dan petugas harus memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat.

Puan menekankan pentingnya mitigasi ke depan, sehingga diharapkan Pemerintah harus selangkah lebih maju menyiapkan segala potensi terjadinya bencana.


Menurutnya, semua pihak harus mewaspadai segala kemungkinan yang terjadi karena berdasarkan keterangan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa di Nias Selatan Senin pagi tadi berada di zona megathrust sehingga mitigasi harus diperkuat.

"Kita harus melihat ini sebagai upaya dari antisipasi bahwa mempersiapkan yang terburuk lebih baik daripada kurangnya persiapan. Kita berharap tidak ada bencana yang dikhawatirkan terjadi," kata Puan dalam keterangan kepada wartawan, di Jakarta, hari ini.

Politiisi PDI Perjuangan itu juga mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh kabar-kabar yang tidak tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Dia meminta warga terus memantau perkembangan dari instansi terpercaya pemerintah dan juga harus terus bersikap waspada dan hati-hati.

Sebelumnya, dua kali gempa bumi terjadi yang berpusat di Nias Selatan, Senin pagi. Gempa pertama berkekuatan Magnitudo 6,7 dan disusul Magnitudo 6,0. Gempa yang cukup kuat juga dirasakan di sejumlah wilayah seperti Kabupaten Kepulauan Mentawai, Gunungsitoli hingga di Padang dan Pariaman, Sumatera Barat, serta sejumlah wilayah lainnya.


Video Terkait:
Tanda Gempa Sukabumi, Hiu Paus Mendekati Pantai
Editor: Saeful Anwar