OLAHRAGA

Rombongan MotoGP Merapat ke Lombok

Kru tim MotoGP bersiap melakukan tes usap PCR setibanya di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Senin (14/3/2022). Sebanyak 2.500 kru tim MotoGP sudah tiba di Indonesia dan sebagian sudah bertolak ke Lombok untuk persiapan MotoGP seri kedua di Sirkuit Manda
Kru tim MotoGP bersiap melakukan tes usap PCR setibanya di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Senin (14/3/2022). Sebanyak 2.500 kru tim MotoGP sudah tiba di Indonesia dan sebagian sudah bertolak ke Lombok untuk persiapan MotoGP seri kedua di Sirkuit Manda


JAKARTA - Akhir pekan ini jadi momen yang paling ditunggu pencinta balap motor di Tanah Air. MotoGP 2022 seri kedua bertajuk Pertamina Grand Prix of Indonesia bakal digelar di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Kru dan para pembalap yang akan berpartisipasi pun sudah mulai berdatangan ke Pulau Lombok sejak Minggu (13/3/2022) malam melalui Bandara Internasional Lombok.

Kapolres Lombok Tengah, AKBP Hery Indra Cahyono, mengatakan, kru para pembalap tersebut datang menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan kode penerbangan GA 4320 rute Jakarta-Lombok pukul 21.30 WITA. Mereka datang dari Qatar usai balapan seri perdana MotoGP 2022 di Sirkuit Lusail, 4-6 Maret.

"Kedatangan rombongan Official MotoGP di Bandara itu tetap mendapat pengawalan dan pengamanan dari aparat," kata Hery, Senin (14/3/2022).

Sebelumnya, logistik ajang MotoGP Indonesia juga telah tiba di Sirkuit Mandalika setelah dibawa menggunakan pesawat Qatar Airlines tipe B777F-FDZ Registration A7-BFJ Rute DOH-LOP-HKG melalui Bandara Internasional Lombok.


Logistik perdana dengan total 37 pich atau 230 koli dengan berat 72,220 kg datang sekitar pukul 00.55 WITA. Kemudian, pukul 02.15 WITA, sebanyak 4 truk trailer membawa 12 pich logistik MotoGP menuju Sirkuit Mandalika. Pukul 02.35-02.55 WITA, total 9 truk trailer kembali membawa 25 pich logistik menuju Sirkuit Mandalika

Kapolda NTB, Irjen Pol Djoko Poerwanto, mengatakan, pihaknya memfokuskan pengamanan MotoGP yang akan berlangsung pada 18-20 Maret menjadi dua kawasan, yakni luar dan dalam area Mandalika.

Untuk pengamanan luar, kata Djoko, difokuskan pada koridor masuk hingga pergerakan penonton menuju kawasan Mandalika.

"Kalau di dalam, mulai pengaturan pintu masuk parkir barat dan timur serta pengamanan di dalam sirkuit," ujarnya di Mataram, kemarin.

Dia menjelaskan, untuk menuju kawasan Mandalika telah disiapkan lima koridor masuk, yakni Bandara International Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM), Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Gili Mas, Pelabuhan Bangsal, dan Pelabuhan Labuan Haji. Pengamanan luar kawasan disiapkan pos keamanan dari masing-masing polres. Untuk Kota Mataram yang menjadi Ibu Kota NTB akan disiapkan pos terpadu di eks Bandara Selaparang. 

"Lokasi itu akan digunakan sebagai loket penukaran tiket dan pengangkutan penonton," ucapnya.

Sementara, untuk pengamanan di dalam sirkuit, nantinya akan mulai dilakukan penyekatan di bundaran BIZAM. Kendaraan tidak bisa sembarangan masuk karena harus mengikuti jalur yang telah disiapkan, baik menuju parkir barat maupun parkir timur.

"Pemecahan untuk pembagian akses ke kantong parkir itu akan diurai mulai dari bundaran BIZAM," imbuhnya.

Bagi penonton yang akan masuk ke kantong parkir timur akan melalui Jalan Bypass BIL-Mandalika. Sedangkan parkir barat akan diarahkan ke kanan atau melalui Sengkol atau bundaran Surfing Mong.

Kegiatan Dimulai Kamis

Memasuki pekan balap GP Indonesia di Sirkuit Mandalika, jadwal acara selama tiga hari di akhir pekan sudah dirilis. Event yang sudah dinanti selama 25 tahun ini akan dimulai sehari sebelum sesi latihan bebas digelar. 

Pada Kamis (17/3/2022), akan ada track technical test yang berlangsung dari pukul 12.30-14.15 WITA. Dilanjutkan dengan track safety inspection (inspeksi keamanan trek), dimulai pukul 14.30 WITA. Para pembalap MotoGP, juga termasuk Moto2 dan Moto3, lalu melakukan riders track familiarisation.

Familiarisasi ini berlangsung dari pukul 14.30-16.00 WITA. Biasanya, para rider mengenal trek dengan berjalan kaki. Namun, sering kali ada yang menggunakan sepeda atau skuter.

Setelah itu, kemudian digelar konferensi pers pra-acara di Sirkuit Mandalika. Lima pembalap yang dijadwalkan hadir antara lain Fabio Quartararo, Marc Marquez, Enea Bastianini, Brad Binder serta Pol Espargaro.

Penunjukan pembalap dalam pre-event press conference ini berdasarkan finis tiga besar pada balapan sebelumnya. Juga pemuncak klasemen sementara, dan terkadang sosok bernama besar. Selain menyelenggarakan balapan MotoGP, Moto2 dan Moto3, Sirkuit Mandalika juga bakal menjadi lokasi putaran kedua Asia Talent Cup (ATC) Indonesia. Ada empat rider Tanah Air yang berkompetisi di ajang balap Asia musim ini, yakni Veda Ega Pratama, Reykat Yusuf Fadillah, Aan Riswanto serta Muhammad Diandra Trihardika.

Akomodasi Masih Tersedia

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengatakan, masih terdapat ketersediaan akomodasi sebanyak 6.492 kamar per 13 Maret 2022 di Lombok menjelang MotoGP Mandalika.

"Kemenparekraf berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata Provinsi NTB sudah bersurat ke ITDC dan menyampaikan data ketersediaan akomodasi di Lombok dalam rangka mendukung MotoGP, agar bisa terafiliasi ke aplikasi Xplorin," katanya dalam keterangan Weekly Press Briefing di Jakarta, kemarin.

Dia menjelaskan, total kamar yang kosong terdiri dari hotel bintang sebanyak 1.194 kamar, hotel melati 495 kamar, villa 461 kamar, bungalow 882 kamar, homestay 897 kamar, rusun 245 kamar, camping ground 2.220 kamar, dan sarana hunian pariwisata (sarhunta) 98 kamar. Sandi mendorong para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk mengemas paket wisata dengan harga yang tak terlalu mahal. 

"Oleh karena itu, jangan ragu untuk booking dari sekarang, turut menyukseskan perhelatan ajang MotoGP, serta pariwisata di NTB," terangnya.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf, Vinsensius Jemadu, menambahkan, harga akomodasi di camping ground dimulai dari Rp250 ribu hingga Rp1 juta. Sedangkan, sarhunta dan homestay dimulai dari Rp200 ribu hingga Rp1 juta.

"Saya kira ini harga-harga yang sudah affordable (terjangkau) oleh masyarakat kita," ujar dia

Untuk harga penginapan hotel berbintang dimulai dari Rp150 ribu hingga Rp3,9 juta. 

"Saya kira pilihannya sangat variatif," ujarnya.

Artikel ini juga ditayangkan di Koran Info Indonesia.


Video Terkait:
Jokowi: UU Ciptaker Tetap Berlaku
Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo