OLAHRAGA

Jagoan Jokowi Keok Semua

Marquez Celaka, Quartararo Kalah Cepat

Presiden menyerahkan piala kemenangan kepada pemenang MotoGP Indonesia 2022, Miguel Oliveira, di Sirkuit Mandalika, NTB, Minggu (20/3/2022). (BPMI Setpres/Laily Rachev)
Presiden menyerahkan piala kemenangan kepada pemenang MotoGP Indonesia 2022, Miguel Oliveira, di Sirkuit Mandalika, NTB, Minggu (20/3/2022). (BPMI Setpres/Laily Rachev)


JAKARTA - Sejarah itu akhirnya tercatat lagi setelah 25 tahun menanti. Indonesia sukses menggelar seri kedua MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, kemarin, dengan Miguel Oliveira dari KTM sebagai pemegang juara perdananya. 

Dihadiri langsung Presiden Joko Widodo ke paddock MotoGP, balapan utama yang seharusnya berlangsung sekitar pukul 15.00 WITA itu mundur hingga pukul 16.15 WITA akibat hujan deras yang mengguyur setelah balapan kelas Moto2. Kondisi ini memang sudah diprediksi sejak hari pertama rangkaian seri MotoGP Mandalika.

Seperti sudah disinggung sebelumnya, Pembalap KTM Racing Miguel Oliveira keluar sebagai pemenang usai tampil dominan sepanjang 20 putaran. Di posisi kedua ada pembalap andalan Yamaha sekaligus juara dunia MotoGP 2021, Fabio Quartararo. Kemudian, di belakang El Diablo ada rekan senegaranya dari Perancis, Johan Zarco.

Sayangnya, dalam balapan kali ini, enam kali juara dunia MotoGP, Marc Marquez tidak bisa menghibur penggemarnya akibat insiden highside di sesi warmup pagi. Akibat kecelakaan itu, The Baby Allien pun harus dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani perawatan.
Pebalap Indonesia, Mario Suryo Aji, mengemas poin pertamanya di musim ini setelah finis P14 di kelas Moto3. Mario sebelumnya membuat sejarah sebagai pebalap Indonesia pertama yang start dari baris terdepan di Mandalika, menyusul hasil kualifikasi yang gemilang pada hari sebelumnya.

Start dari P3, Mario justru mulai kehilangan posisi sejak awal lomba berkat start yang kurang baik. Dari P3, Mario melorot ke P9 pada lap pertama.


Mencoba bertahan di sepuluh besar, Mario kembali melorot ke P16 hingga pertengahan lomba di saat pebalap tim Leopard Racing Dennis Foggia memimpin lomba dengan mengantongi margin empat detik dari dua pebalap tim GASGAS Izan Guevara dan Sergio Garcia.

Foggia melaju sendirian dan semakin menjauh di depan dengan sembilan lap tersisa di saat Mario semakin terpuruk ke P18. Mario menuju lap terakhir berada di luar zona poin, namun ia mendapati sejumlah pebalap terlibat kecelakaan, seperti juara Moto3 Qatar Andrea Migno yang terjatuh dengan Ayumi Sasaki. Kemudian Stefano Nepa dan Joel Kelso juga mencium aspal di lap pemungkas.
Diuntungkan oleh sejumlah kecelakaan itu, Mario naik posisi demi membungkus dua poin pertamanya untuk Honda Team Asia dan membawa bendera Merah Putih menuju ke pit lane dan garasinya. Sebelumnya di balapan pembuka musim di Qatar, Mario finis dengan tangan hampa di P19.

Mario Aji sementara ini bercokol di peringkat 20 klasemen dengan dua poin dan akan melanjutkan perjuangannya di Argentina dua pekan mendatang.

Presiden Bangga
Penyerahan tropi juara MotoGP Mandalika kali ini terasa sangat istimewa. Sebab diberikan langsung oleh Presiden Jokowi kepada tiga pembalap di podium. Senyum lebar pun terpancar dari ketiga pembalap, terutama Oliveira, yang mendapatkan tropi langsung dari Jokowi.

Usai menyerahkan tropi, Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa awalnya sempat menjagokan pebalap Marc Marquez, namun karena pebalap asal Spanyol itu dinyatakan tidak fit, maka dia mengalihkan jagoannya ke Fabio Quartararo.

"Jagoannya Marc Marquez, tapi karena dia tidak ikut ganti ke Fabio Quartararo. Juara 2," kata Jokowi sebagaimana disiarkan kanal resmi Youtube Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden.

Presiden mengapresiasi penyelenggaraan Grand Prix of Indonesia yang disebutnya telah berjalan luar biasa. Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Nusa Tenggara Barat, terutama Lombok, yang telah mendukung penuh acara balap motor tersebut.

"Saya ingin sampaikan terima kasih sebesar besarnya, terutama masyarakat NTB, masyarakat Lombok yang telah memberikan dukungan penuh dan juga seluruh pihak-pihak, baik penyelenggara maupun seluruh pekerja yang telah bekerja siang malam menyiapkan event besar ini," ujar Jokowi.

Kepala Negara menilai memang masih terdapat beberapa hal dari GP Indonesia yang harus diperbaiki. Namun, ia optimistis penyelenggaraan acara internasional di Indonesia akan semakin baik. "Saya kira ini event jangka panjang. Tahun depan akan kita perbaiki lagi jika ada kekurangan," ujarnya.

Ketua DPR Puan Maharani mengatakan perhelatan balap MotoGP Mandalika telah membantu pemulihan perekonomian yang terdampak oleh pandemi COVID-19. "Kita lihat beberapa hari ini penerbangan menuju Lombok penuh karena adanya balapan di Mandalika. Tentunya ini juga akan membantu industri UMKM, perhotelan, dan wisata lokal di NTB," kata Puan.

Tidak hanya di NTB, Puan juga berharap pariwisata di Bali bisa bangkit kembali setelah sempat mati suri akibat pandemi COVID-19. Inter-Parliamentary Union (IPU) dihadiri oleh sekitar 1.000 orang dari 115 negara delegasi.

"Perhelatan sidang IPU kami harapkan bisa menjadi awal kebangkitan ekonomi dan pemulihan pariwisata di Bali dan juga Tanah Air," ucap Puan.

Menjelang pembukaan 144th IPU Assembly & Related Meetings di Bali, Puan Maharani bertandang ke Sirkuit Pertamina Mandalika di Lombok Tengah dan menyaksikan ajang balapan bergengsi MotoGP.

"Kehadiran saya ke sini untuk mendukung pelaksanaan beberapa ajang balapan di Mandalika, termasuk MotoGP. Sirkuit Mandalika telah meningkatkan citra Indonesia di mata internasional, dan ini sangat membanggakan kita sebagai bangsa," ujar Puan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengapresiasi pengrajin lokal yang merancang berbagai piala untuk MotoGP Mandalika 2022. Piala buatan pengrajin lokal itu diserahkan kepada para pembalap peraih podium, mulai dari nomor Asia Talent Cup (ATC), Moto3, Moto2, dan kelas paling bergengsi MotoGP.

"Apresiasi yang tinggi patut kita sampaikan terhadap karya anak bangsa. Ini merupakan salah satu bentuk apresiasi dan inovasi pada sebuah produk. Semoga ini dapat memotivasi dan mendorong inovasi kepada para anak bangsa kreatif lainnya, khususnya para desainer produk untuk berkontribusi dalam menghasilkan produk-produk menarik lainnya," kata Sandi.

Sandi bahkan berkesempatan menyerahkan langsung piala tersebut ke peraih podium 1 Moto2. Piala-piala yang terinspirasi dari bentuk obor itu merupakan karya anak negeri, tepatnya pelaku ekonomi kreatif dari Tuksedo Studio, Gianyar, Bali. Tuksedo Studio lebih dikenal dalam kapasitasnya sebagai spesialis manufaktur mobil-mobil klasik yang dibuat dengan tangan. 

Namun oleh Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Tuksedo Studio dipercaya untuk merancang dan memproduksi piala MotoGP Mandalika 2022. Tuksedo Studio menjelaskan desain piala tersebut terinspirasi dari "Obor" yang melambangkan menyalanya api kompetisi balap yang panas. 

Api merupakan simbol inspirasi dari bangkitnya perekonomian Indonesia. Sekaligus bukti bahwa Indonesia tidak hanya mampu mengadakan acara berskala internasional hanya sekali dua kali, tapi juga sebagai negara yang memiliki kemampuan artistik dan produksi tahap dunia secara terus menerus.

Terdapat corak motif lokal di bagian pinggir piala. Sementara di bagian atas dilengkapi dengan pola siluet sirkuit Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Sandi berharap upaya Tuksedo Studio dapat mendorong inovasi para pelaku kreatif lainnya, khususnya desainer produk untuk berkontribusi dalam menghasilkan produk-produk menarik lainnya.

"Kreativitas yang dihadirkan para pelaku ekonomi kreatif tidak hanya dapat membuka lapangan kerja, tapi juga dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan," tutup Sandiaga.

Marshal Dipuji FIM
Kesiapan para marshal MotoGP Mandalika mendapat pujian dari Federasi Motor Internasional (FIM) dan Race Director Pertamina Grand Prix of Indonesia, Mike Webb. "Webb mengaku puas dengan kinerja para marshal lintasan Sirkuit Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit," kata Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria.

Para marshal dikatakan sangat cakap dan cekatan dalam membersihkan permukaan lintasan, serta menunjukkan peningkatan kemampuan pesat sejak pertama dipekerjakan. Marshal yang berjumlah sekitar 300 orang terdiri atas unsur karang taruna Kecamatan Pujut, Brimob Polda NTB, rescuer Basarnas, dan pendamping beberapa marshal dari Malaysia.

Priandhi mencontohkan salah satu insiden besar yang terjadi adalah ketika bagian bawah motor Alex Rins (Suzuki Ecstar) mengeluarkan api setelah Tikungan 12 dan ia meninggalkan motornya di Tikungan 13. Insiden tersebut meninggalkan cukup banyak oli di lintasan, sehingga sesi memasuki Red Flag. Namun, para marshal yang sebagian sudah bertugas di Mandalika sejak World Superbike (WSBK) 2021 lalu tersebut bergerak cepat.

"Mereka memadamkan api, mengangkat serpihan, dan membersihkan lintasan dari oli sehingga sesi bisa berlanjut kembali. Mike Webb puas dengan kecakapan dan kecepatan marshal dalam memadamkan api dan membersihkan permukaan lintasan dari bekas-bekas bensin dan oli," katanya.

Tak hanya itu, Priandhi juga menyinggung bagaimana Webb melihat petugas lintasan menunjukkan perkembangan positif dari pramusim hingga sekarang. 

"Saat pramusim pada hari satu sampai tiga, lalu masuk MotoGP Indonesia juga dari Senin persiapan sampai hari ini kemampuannya meningkat, kecakapan nya meningkat," katanya.

Mantan wartawan dan pebalap itu menyebut, pengetahuan para marshal lokal ini sudah jauh lebih berkembang setelah mendapatkan masukan beberapa marshal dari Malaysia yang dibawa untuk berbagi pengalaman.

Artikel ini juga ditayangkan di Koran Info Indonesia.

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo