WARNA-WARNI

China Eastern Airlines dan Catatan Keselamatan Penerbangan China

China Eastern Airlines. (Reuters)
China Eastern Airlines. (Reuters)


JAKARTA - Kecelakaan yang terjadi pada pesawat China Eartersn Airlines saat dalam perjalanan dari barat daya kota Kunming, ibu kota provinsi Yunnan, ke Guangzhou, ibu kota Guangdong pada Senin (21/3/2022) mengundang perhatian publik. Ini merupakan kecelakaan fatal pertama yang terjadi di negeri tirai bambu sejak satu dekade terakhir. 

Jika melihat lebih dekat, catatan keselamatan maskapai penerbangan China telah menjadi salah satu yang terbaik di dunia selama satu dekade terakhir. 

Merujuk pada situs web yang melacak kecelakaan penerbangan, kecelakaan, dan kudeta, Aviation Safety Network, kecelakaan jet fatal terakhir di China terjadi pada 2010, ketika 44 dari 96 orang di dalamnya tewas akibat sebuah jet regional Embraer E-190 yang diterbangkan oleh Henan Airlines jatuh saat mendekati bandara Yichun.

Kecelakaan fatal lain yang pernah terjadi di China adalah pada tahun 1994. Pada saat itu, sebuah pesawat China Northwest Airlines Tupolev Tu-154 jatuh dalam perjalanan dari Xian ke Guangzhou, menewaskan semua 160 orang di dalamnya. Menurut Aviation Safety Network, ini Adalah bencana udara terburuk yang pernah terjadi di China. 

Sementara itu, kecelakaan terakhir yang menimpa pihak masakapai, China Eastern Airlines, kemarin adalah kecelakaan fatal pertama bagi China Eastern sejak 2004, ketika sebuah pesawat jatuh tak lama setelah lepas landas dari bandara di China utara dan menewaskan 55 orang. 


China Eastern Airlines sendiri merupakan maskapai yang berbasis di Shanghai dan  didirikan pada tahun 1988. Ini merupakan salah satu dari tiga maskapai terbesar di China, dengan salah satu armada pesawat termuda.

Maskapai ini adalah bagian dari Aliansi SkyTeam dan operator Amerika Serikat Delta Air Lines memegang 2 persen saham. 

Mengutip Reuters, China Eastern Airlines memiliki peringkat dalam beberapa tahun terakhir di antara sepuluh maskapai penerbangan terbesar dalam total penumpang yang diangkut. 

Editor: Amelia