WARNA-WARNI

Media China: Tidak Ada Penumpang Selamat yang Ditemukan Dalam Kecelakaan China Eastern Airlines

Puing pesawat dari China Eastern Airlines yang jatuh pada Senin (21/3/2022). (Xinhua)
Puing pesawat dari China Eastern Airlines yang jatuh pada Senin (21/3/2022). (Xinhua)


JAKARTA - Tidak ada korban selamat yang ditemukan saat pencarian puing-puing pesawat China Eastern Airlines dilanjutkan pada hari ini, Selasa (22/3/2022). 

Pesawat nahas berjenis Boeing 737-800 itu membawa total 132 orang saat jatuh di daerah pegunungan berhutan di dekat kota Wuzhou di wilayah Guangxi saat terbang dari Kunming di provinsi barat daya Yunnan ke pusat industri Guangzhou di sepanjang pantai timur. 

Menurut kabar yang dimuat oleh media China, CCTV, puing-puing pesawat ditemukan di tempat kejadian, tetapi sampai sekarang, tidak satu pun dari mereka yang kehilangan kontak telah ditemukan, padahal pencarian telah dilakukan lebih dari 18 jam setelah kecelakaan itu terjadi.

Sementara itu, kantor berita Xinhua melaporkan bahwa kecelakaan itu menciptakan lubang yang dalam di lereng gunung. 

Tim penyelamat menggunakan drone dan pencarian manual untuk mencoba menemukan kotak hitam, yang menyimpan data penerbangan dan perekam suara kokpit yang penting untuk investigasi kecelakaan.


Menurut data dari situs web pelacakan penerbangan FlightRadar24, penerbangan China Eastern 5735 melaju dengan kecepatan 455 knot (842 kph) di sekitar 29.000 kaki ketika memasuki penyelaman yang curam dan cepat sekitar pukul 14.20 waktu setempat.

Pesawat jatuh ke ketinggian 7.400 kaki sebelum naik kembali ke ketinggian sekitar 1.200 kaki, lalu terjun lagi. Pesawat berhenti mengirimkan data 96 detik setelah mulai jatuh.


Video Terkait:
Trending, Rusia Uji Coba Pesawat dan Gagal
Editor: Amelia