WARNA-WARNI

Sandiaga Dorong Masyarakat Gunakan Produk Lokal

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam acara peresmian Creative Hub Samosir, di Pantai Indah Situngkir, Kabupaten Simosir, Sumatera Utara, Selasa (23/2/2022). (Dok. Kemenparekraf)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam acara peresmian Creative Hub Samosir, di Pantai Indah Situngkir, Kabupaten Simosir, Sumatera Utara, Selasa (23/2/2022). (Dok. Kemenparekraf)


JAKARTA - Masyarakat didorong untuk membeli dan memakai produk buatan lokal sebagai upaya mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengatakan, produk ekonomi kreatif di Indonesia memiliki kualitas yang tidak kalah dengan produk luar negeri.

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, dia mengatakan pemerintah telah menghapuskan persyaratan yang menghambat penggunaan produk dalam negeri, produk UMKM, dan koperasi.

Presiden disebut menginginkan kewirausahaan sebagai bentuk bagian dari tatanan ekonomi baru pascapandemi COVID-19 sehingga dapat membuka lapangan kerja maupun peluang usaha menuju kebangkitan ekonomi, paparnya.

DIa menerangkan bahwa sektor UMKM terbukti mampu menyerap 97 persen tenaga kerja di Indonesia dengan kontribusi di sektor ekonomi kreatif terhadap ekspor mencapai 15,06 miliar dolar AS.


"Sementara dari sisi penciptaan kerja, sektor ekonomi kreatif mampu menghadirkan 18,7 juta kesempatan kerja pada tahun 2021. Saya mendorong UMKM mulai go digital agar mampu menjadi bagian dari tatanan ekonomi baru," kata Sandiaga dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Rabu (23/3/2022).

Selaku Ketua Harian Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), Sandiaga memastikan upaya digitalisasi dan peningkatan ekosistem ekonomi digital dari produk ekonomi kreatif semakin luas dalam Program Gernas BBI Tahun 2022.

"Gernas BBI diharapkan mampu menjadi salah satu langkah pendorong kebangkitan ekonomi dan pembuka lapangan kerja," kata Menparekraf.

Editor: Saeful Anwar