POLHUKAM

Zulhas Safari Ponpes Rebut Suara Jatim

Ketum PAN, Zulkifli Hasan. (Net)
Ketum PAN, Zulkifli Hasan. (Net)


JAKARTA - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengakhiri safari politik kebangsaan di Pulau Madura, Jawa Timur, dengan menggelar kegiatan Madura Bershalawat bersama para santri, ulama pengasuh pondok pesantren di Kabupaten Sampang.

"Selain dalam rangka menjalin silaturahim dengan para tokoh masyarakat dan ulama, safari politik kebangsaan ini juga dalam rangka mendekatkan hubungan PAN dengan masyarakat di Jawa Timur, termasuk di Pulau Madura," kata anggota DPR dari PAN, Slamet Ariyadi, dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu (23/3/2022).

Dia mengatakan, sebelum ke Sampang, Zulhas sebelumnya melakukan kunjungan ke sejumlah daerah, di antaranya Jember, Situbondo, Probolinggo, Pasuruan, dan Bangkalan.

"Jadi, safari politik ini bagian dari langkah kongkret Ketua Umum PAN untuk membumikan Islam," katanya.

Saat menghadiri kegiatan Madura Bershalawat, kata Zlamet, Zulhas menyampaikan bahwa PAN harus menjadi rumah bersama yang nyaman untuk semua golongan, termasuk generasi milenial.


"PAN harus hadir memberikan pendidikan politik dan keteladanan sebagai partai politik yang aspiratif, akomodatif, dan merangkul semua golongan," ucapnya.

Selain itu, PAN juga harus mampu menampung aspirasi dan kepentingan politik para ulama. Karena itu, sejumlah tokoh ulama juga menjadi sasaran silaturahim Zulhas pada kegiatan safari politik kebangsaan.

Beberapa ulama pengasuh pondok pesantren yang didatangi Zulhas antara lain KH Lutfi Ahmad dari Pondok Pesantren Madhinatul Ulum (Jember), KHR Kholil Asad PP Walisongo (Situbondo), KH Achmad Azaim Ibrahimy di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah (Situbondo), dan KH Hafidz Aminudin selaku pengasuh Pondok Pesantren Syekh Abdul Qodir Al Jailani (Probolinggo).

Kemudian, KH Zuhri Zaini PP Nurul Jadid, KH Abdullah Syaukat Siroj PP Sidogiri (Pasuruan), KH Imam Bukhori Kholil PP Ibnu Cholil (Bangkalan), dan KH Achmad Fauzan Zaini PP Miftahul Ulum (Sampang). Zulhas juga berkunjung ke Ponpes Raudhatul Jannah Probolinggo.

Tidak hanya itu, Zulhas juga berziarah ke makam para habib dan kiai, seperti Makam Habib Sholeh Tanggul, Makam KHR As’ad Syamsul Arifin, dan Makam Syaikhona Kholil Bangkalan.

Selain silaturahim dan melakukan politik kebangsaan, Zulhas juga menemui kader-kader PAN untuk konsolidasi organisasi. Zulkifli ingin memastikan bahwa kader PAN di manapun berada harus optimis, solid, dan kerja keras turun melayani masyarakat.

"Karena semua itu bagian dari komitmen untuk bangkit meraih simpati masyarakat menuju kemenangan PAN pada Pemilu 2024 mendatang," jelasnya.

Safari kebangsaan dan konsolidasi yang dikemas dalam tajuk 'Zulhas Sat Set Nang Jawa Timur', menggambarkan aktivitas Zulhas yang cepat, tanggap, responsif dalam melakukan konsolidasi. Harapannya, seluruh kader PAN bisa meneladaninya, sehingga bisa meneguhkan gerakan kader dan Jawa Timur bisa menjadi basis PAN.

"Dan safari politik kebangsaan di Kabupaten Sampang ini merupakan penutup dari kegiatan tersebut dan dikemas dengan Madura Bershalawat di Desa Masaran, Kecamatan Banyuates," terangnya.

Artikel ini juga bisa Anda baca di Koran Info Indonesia edisi Kamis, 24 Maret 2022.

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo