DAERAH

Plt Bupati Muba Beni Hernedi Ngegas Buat Jargas Rumah Tangga

Garap Pemasangan Jargas Tahap II Bersama Dirjen Migas di Bayung Lencir

Plt Bupati Muba, Beni Hernedi, menandatangani serah terima lapangan dan sosialisasi jargas di Guest House Griya Bumi Serasan Sekate, Sekayu, Senin (28/3/2022).
Plt Bupati Muba, Beni Hernedi, menandatangani serah terima lapangan dan sosialisasi jargas di Guest House Griya Bumi Serasan Sekate, Sekayu, Senin (28/3/2022).


SEKAYU - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melakukan Serah Terima Lapangan Pembangunan Jaringan Gas (Jargas) dan Sosialisasi Pelaksanaan Pekerjaan Pembangunan Jaringan untuk Rumah Tangga di Kecamatan Bayung Lencir.

Serah Terima Lapangan dan Sosialisasi Pembangunan Jargas ditandai dengan penandatanganan berita acara oleh PPK Jargas 2 Dirjen Migas Kementerian ESDM, Gusrinaldi; Project Manager PT Pratiwi Putri Sulung (EPC), Sidharta; Project Manager PT Surviyor Yodya Karya Indonesia (PMC), Sanjaya; dan Plt Bupati Muba, Beni Hernedi, di Guest House Griya Bumi Serasan Sekate, Senin (28/3/2022).

Beni Hernedi menyampaikan terima kasih kepada Dirjen Migas ESDM yang telah menyetujui pembangunan jargas bumi untuk rumah tangga di Bayung Lencir tahap II, meliputi Desa Simpang Bayat, Desa Mendis, Desa Bangun Harjo dan Kelurahan Bayung Lencir sebanyak 2.925 Sambungan Rumah (SR).

"Setelah selesai acara serah terima ini perlu saya tekankan kepada camat, lurah dan kades agar dapat membantu dalam pelaksanaan pekerjaan di lapangan sesuai dengan Keputusan Bupati Muba Nomor 151/KPTS-BAPPEDA/2020 tentang Penetapan Satuan Tugas Percepatan Pembangunan Infrastruktur Jargas Bumi untuk Rumah Tangga Beserta Infrastruktur Pendukungnya di Kecamatan Bayung Lencir, Kabupaten Muba Tahun 2022," paparnya.

Ketua PMI Kabupaten Muba itu juga mengatakan bahwa Pemkab Muba berharap pada Ditjen Migas khususnya pada Direktur Perencanaan Infrastruktur Migas Kementerian ESDM sesuai Surat Bupati Muba Nomor 600/416/BAPPEDA/2020 tanggal 27 Februari 2020 perihal permohonan penambahan pembangunan dan perluasan jargas bumi sambungan rumah tangga Kecamatan Tungkal Jaya, Babat Supat yang sudah DEED dan di Kecamatan Sekayu. Berhubung minat masyarakat di Sekayu masih sangat banyak sehingga perlu diperluas lagi. 


"Kami mengusulkan sebanyak 30 ribu sambungan rumah tangga agar kiranya usulan tersebut dapat direalisasikan. Mengingat, Kabupaten Muba merupakan salah satu daerah penghasil gas terbesar di Indonesia," kata Beni Hernedi.

Dikatakan PPK Jargas 2 Dirjen Migas Kementerian ESDM, Gusrinaldi, setelah penandatanganan berita acara, pihaknya meminta dukungan Pemkab Muba terkait pelaksanaan pembangunan jargas di sejumlah sambungan rumah tangga yang ada di Bayung Lencir.

"Kami butuh dukungan dalam pembangunan infrastruktur jargas ini, mulai dari proses survei lapangan, perizinan dan pengamanan selama proses pemasangan alat konstruksi jargas. Terkait sosialisasi, mungkin akan kita scedule ulang karena tidak lama lagi akan memasuki Bulan Suci Ramadan, takutnya mengganggu masyarakat untuk fokus beribadah, maka nanti akan kita komunikasikan lagi dengan camat. Intinya kami minta dukungan dari Pemkab Muba terkait pelaksanaan pekerjaan ini," bebernya.

Turut hadir pada audiensi tersebut Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Muba, Yusuf Amilin; Plt Kepala Bappeda Muba, Iskandar Syahrianto; Kepala DPMPTSP Muba, Riki Junaidi; dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Muba, Andi Wijaya Busro. Kemudian Kabag SDA Setda Muba, Oktarizal; Camat Bayung Lencir, Muhammad Imron; dan Kepala Dinas Kominfo Muba yang diwakili Kabid Komunikasi Publik, Yettria SKM.

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo