POLHUKAM

AHY dan Paloh Bahas Peluang Koalisi

Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono. (Foto: Antara / Genta Tenri Mawangi)
Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono. (Foto: Antara / Genta Tenri Mawangi)


JAKARTA - Partai Demokrat dan Partai Nasdem sama-sama membuka peluang berkoalisi pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Apalagi, Demokrat maupun Nasdem memiliki garis-garis ideologi dan visi jangka panjang serupa.

Hal itu disampaikan Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), usai menggelar pertemuan dengan Ketum Partai Nasdem, Surya Paloh, di kantor DPP Nasdem, Jakarta, Selasa (29/3/2022).

"Terbuka sekali peluang dan opsi-opsi untuk saling berkoalisi. Sama-sama kami mengatakan ada timeline (lini masa yang harus) kami ikuti bersama. Sekarang masih awal 2022, kita ikuti terus. Ini akan terus menarik," ujar AHY.

Meski demikian, dua pihak belum membahas mengenai pencalonan presiden pada Pemilu 2024. Disampaikan AHY, pembahasan mengenai isu itu masih terlalu dini. Dirinya menilai yang lebih penting saat ini adalah membangun komunikasi dan silaturahim.

"Kami berikhtiar masing-masing kemudian pada titik-titik tertentu atau momentum-momentum tertentu kami duduk bareng saling tukar catatan dan lain-lain," kata dia.


Dalam pertemuan yang berlangsung kurang lebih dua jam, AHY dan Surya Paloh tidak hanya membahas soal peluang berkoalisi, tetapi juga membicarakan isu lain seperti ancaman terhadap demokrasi, dan pemulihan pandemi COVID-19.


Video Terkait:
SBY dan AHY Yang Menuduh Presiden Jokowi
Editor: Saeful Anwar