POLHUKAM

PILPRES 2024

Prabowo-Puan Cukup Menjanjikan

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subainto disambut Ketua DPP PDIP Puan Maharani, di kediaman Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Jalan Teuku Umar, Jakarta 2019. (Foto: Tempo / Muhammad Hidayat)
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subainto disambut Ketua DPP PDIP Puan Maharani, di kediaman Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Jalan Teuku Umar, Jakarta 2019. (Foto: Tempo / Muhammad Hidayat)


JAKARTA - Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto adalah figur yang paling berpeluang besar untuk diusung dan didukung sebagai calon dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Begitu pendapat pengamat politik dari Universitas Indonesia, Ade Reza Haryadi, melihat peluang Prabowo dari segi elektabilitas dan efektivitas kendali atas partai politik.

Sedangkan tokoh-tokoh lain seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo maupun Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, meski elektabilitasnya menjanjikan, namun akan menghadapi tantangan utama, yakni dukungan Parpol.

"Sepanjang figur ini bisa meyakinkan dukungan Parpol, maka peluang untuk jadi capres akan terbuka lebar," kata Ade Reza kepada Info Indonesia, Selasa (29/3/2022).

Bukan hanya itu, dalam Pilpres kombinasi pasangan akan mempertimbangkan jumlah dukungan Parpol dan elektabilitas kandidat.


Terkait itu, akan lebih berpeluang jika dikombinasikan antara figur Parpol yang dapat menjamin soliditas koalisi Parpol pengungsung dan figur populis dengan potensi elektabilitas tinggi.

"Hal ini penting agar koalisi politik setelah pemerintah terbentuk lebih stabil dan efektif," kata dia.

Dirinya melihat figur Ketua DPR RI, Puan Maharani yang sangat berpeluang untuk dipasangkan dengan Prabowo. Bahkan, menurutnya pasangan Prabowo-Puan cukup menjanjikan.

"Jika koalisi sesama elit parpol, maka Prabowo-Puan cukup menjanjikan dukungan koalisi dan elektabilitas yang potensial. Selain itu, ada basis historis di mana PDIP di Gerindra pernah duet di pilpres 2009."


Video Terkait:
PPP Harus Mampu Adptasi di 2024
Editor: Saeful Anwar