POLHUKAM

Erick Thohir Bisa Dongkrak Elektabilitas Capres

Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir. (Dok. BUMN)
Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir. (Dok. BUMN)


JAKARTA - Figur Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir bisa mendongkrak tingkat elektabilitas calon presiden (capres) yang ingin maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Pengamat politik Adi Prayitno mengatakan, nama Erick Thohir dapat mendongkrak persentase elektabilitas tiga capres, sebagaimana hasil survei Lembaga Indikator Politik Indonesia.

Dirinya merincikan tiga nama capres tersebut adalah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Adi Prayitno yang juga Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia ini mengatakan, elektabilitas ketiga capres berdampak positif jika diduetkan dengan Menteri BUMN saat ini.

Dia menilai seringnya Erick berdialog dan bersosialisasi dengan masyarakat berimbas pada reputasinya, sehingga publik mulai melirik sosok Erick.


"Belakangan Erick terlihat rajin sosialisasi, muncul dalam event politik, aktif dialog dengan masyarakat. Mungkin variabel ini yang bisa membuat publik mulai melirik Erick," kata Adi dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan, di Jakarta, Rabu (6/4/2022).

Menurut dia, Erick relatif muncul dalam berbagai survei karena tidak lepas dari akselerasi politiknya belakangan ini, yang selalu dikaitkan dengan Pilpres 2024. Dalam simulasi survei, posisi Erick kerap dipasangkan sebagai calon wakil presiden (cawapres).

"Bukan sebagai capres karena memang secara individual elektabilitas Erick masih kalah jauh dari Prabowo, Ganjar, dan Anies," ujarnya.

Selain Erick, kata dia, jika dikomparasikan dengan data lain, posisi cawapres favorit lainnya adalah Sandiaga Uno.

"Itu artinya perlu kerja lebih keras untuk meningkatkan elektabilitas dari Erick secara pribadi," ujar Adi.

Lembaga Indikator Politik Indonesia merilis survei opini publik terkait dengan capres untuk Pemilu 2024. Dari hasil survei tersebut, nama Menteri BUMN Erick Thohir termasuk yang dipertimbangkan.

Berdasarkan hasil survei, dalam simulasi 33 nama capres, nama Erick Thohir masuk di urutan 11 dengan perolehan elektabilitas 1,2 persen. Sementara itu, di simulasi 19 nama capres, dia berada pada urutan kesembilan dengan hasil 1,3 persen.


Video Terkait:
PPP Harus Mampu Adptasi di 2024
Editor: Saeful Anwar