WARNA-WARNI

ULASAN RAMADAN

Empat Hal yang Harus Dihindari Saat Berpuasa Ramadan

Pendakwah Ustadz Khalid Basalamah (Ilustrasi Info Indonesia)
Pendakwah Ustadz Khalid Basalamah (Ilustrasi Info Indonesia)


JAKARTA - Bulan ramadan adalah bulan suci di mana umat muslim bisa menggali pahala dan keberkahan serta memohon pengampunan sebanyak-banyaknya kepada Allah SWT dengan beribadah, termasuk dengan menunaikan puasa. 

Namun pendakwah Ustadz Khalid Basalamah mengingatkan bahwa ada beberapa hal yang harus dijaga oleh seorang muslim yang sedang berpuasa, sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW.

Mengutip dari tausiyahnya yang dibagikan melalui akun Instagram resminya @khalidbasalamahofficial baru-baru ini, berikut beberapa hal yang harus dijaga saat berpuasa:

1. Rofats

"Siapa yang sedang berpuasa dia tidak boleh rofats. Rofat adalah mengatakan perasaan syahwat, baik itu sayang, cinta, rindu kepada selain pasangan halalnya," ujar Ustadz Khalid Basalamah. 


2. Fusuq

Fusuq adalah menyentuh secara fisik. Baik salaman, berpelukan atau ciuman dengan selain pasangan halal.

3. Jahl

Jahl adalah berbuat perbuatan yang sia sia dan membuang buang waktu. 

"Di jalanan, di mall ngobrol kosong ataupun cuma tidur-tiduran sampai berbuka puasa. Itu semua hal yang sia-sia," jelasnya.

4. Bertengkar

Lalu ketika ada yang berpuasa dan diajak bertengkar atau dicaci maki, maka dia semestinya menjawab "aku sedang ikut program puasa" (HR Ibnu Majah dan Hakim). 

"Lisan berpuasa, mata berpuasa, tangan berpuasa, kemaluan berpuasa, semuanya ikut berpuasa," kata Ustadz Khalid Basalamah.

"Sehingga juga mendapatkan maksimal pahala," tutupnya.

Editor: Amelia