WARNA-WARNI

Yuk Kenalan Lebih Dekat Dengan Varian Omicron XE!

Ilustrasi (Net)
Ilustrasi (Net)


JAKARTA - Awal April lalu, publik dunia kembali dikejutkan dengan munculya varian baru dari COVID-19 yang disebut dengan varian Omicron XE.

Mengutip data resmi dari situs Satgas COVID-19, Senin (11/4/2022), saat ini varian Omicron XE sudah ditemukan di Thailand, Inggris, dan India, namun belum ditemukan di Indonesia.

Satgas COVID-19 pekan lalu juga telah mengimbau agar masyarakat tidak perlu takut berlebihan, karena rekombinasi virus bukan merupakan hal baru dan sudah banyak terjadi termasuk pada virus selain COVID-19. 

Selain itu, rasa takut yang berlebih dapat berdampak pada tubuh kita.

Meski begitu, jangan juga kita abai dengan munculnya varian baru tersebut. Karena itu penting untuk mengetahui lebih dekat varian tersebut. 


Apa sebenarnya varian Omicron XE itu?

Ketua Satgas COVID-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Profesor Zubairi Djoerban melalui kaun Twitternya @ProfesorZubairi pekan lalu menjelaskan lebih detil mengenai varian Omicron XE itu. 

Varian ini adalah rekombinan Omicron BA.1 dan BA.2. Sejauh ini sudah tercatat sekitar 600an kasus XE di Inggris.

Sementara itu, tingkat pertumbuhan 9,8 persen di atas BA.2 dan merujuk pada data WHO, varian ini lebih mudah menular 10 persen daripada BA.2. 

Dia menekankan bahwa sejauh ini belum ada alasan untuk khawatir. Sehingga dia tetap mendesak masyarakat untuk memakai masker. 


Video Terkait:
Indonesia Lewati Puncak Covid 19
Editor: Amelia