DAERAH

Anjungan Kalimantan Utara Segera Hadir di TMII

Pintu gerbang utama TMII. (Ilustrasi/Net)
Pintu gerbang utama TMII. (Ilustrasi/Net)


TANJUNG SELOR - Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) bertekad secepatnya membangun rumah adat di komplek Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, setelah mendapat lahan di kawasan miniatur Indonesia itu.

"Kita bersyukur, di lokasi TMII kita sudah mendapatkan tempat untuk Provinsi Kaltara. Kami akan segera membangun anjungan di TMII," kata Gubernur Kaltara, Zainal A. Paliwang, di Tanjung Selor, Senin (11/4/2022).

Usai melantik kepengurusan Dewan Kesenian Kaltara, Zainal menilai, dari 34 provinsi di Indonesia hanya Kaltara yang belum memiliki anjungan sendiri di TMII.

"Sekarang sudah dapat lahan. Kita akan berupaya secepatnya membangun rumah-rumah adat di lokasi tersebut, seperti provinsi lainnya yang sudah melaksanakannya," ujarnya.

Zainal mengatakan, pihaknya akan membahas lebih lanjut untuk konsep pembangunan anjungan Kaltara.


"Nanti akan dibahas, kita lihat dan rancang, mudah-mudahan dapat kita wujudkan secepatnya. Kita berusaha supaya segera dibangun," jelasnya.

Lebih lanjut, anjungan Kaltara di TMII nantinya dapat dimanfaatkan dengan baik bagi pelaku dan penikmat budaya.

"Di sana nantinya kita bisa manfaatkan, digunakan untuk melaksanakan kegiatan kebudayaan. Bisa mempertunjukkan kebudayaan dan menampilkan budaya-budaya kaltara di TMII, dalam suatu event yang sifatnya nasional," demikian Zainal.


Video Terkait:
TMII Diambil Alih dari Keluarga Soeharto
Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo