POLHUKAM

Prabowo Perlu Berguru Pada SBY Jika Ingin Nyapres Tahun 2024

Prabowo Subianto. (Net)
Prabowo Subianto. (Net)


JAKARTA – Prabowo Subianto seharusnya belajar dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) jika ingin menarik simpati rakyat dan memenangkan pemilihan presiden (pilpres) 2024.

Pada era Megawati, SBY ingin maju sebagai capres, namun disinggung Taufik Kiemas dengan menyebutkan sosok SBY sebagai jenderal kanak-kanakan.  

Lalu, SBY merespon hal itu menggunakan pendekatan dengan mengesankan terzalimi, yang membuat namanya semakin meroket.

Begitu pandangan, pengamat politik dari Citra Institute, Efriza, saat dihubungi Info Indonesia, Sabtu (23/4/2022).

“Prabowo tidak melakukan langkah-langkah yang dilakukan dua sosok dari ranah militer. Prabowo menunjukkan ia memahami hirarki pemerintahan,” katanya.


Efriza menyampaikan, masih ada keraguan dari Prabowo untuk tampil diruang publik. Dalam hal ini, untuk menonjolkan bahwa dirinya menjadi salah satu kandidat capres pada pemilu mendatang.

“Prabowo juga sangat kental darah militernya. Dalam komunikasi ia memahami arti menghormati pimpinannya,” ujarnya.

Kata Efriza, Prabowo memahami bahwa Jokowi akan menjadi king maker pada Pemilu 2024. Jokowi disinyalir akan melabuhkan kapal relawannya terhadap sosok yang bakal dipilihnya.

“Prabowo memahami bahwa Jokowi mencari sosok yang loyal, setia kepada dirinya,  berpotensial untuk menang, serta juga siap menjalankan program kerjanya,” katanya.

Efriza mengatakan, Prabowo menyadari dan mencerna adanya hasil survei dari lembaga Survei Polling Indonesia (SPIN) pada Februari 2022 lalu, tentang kepemimpinan nasional 2024.

Pada survei itu, masyarakat yang ingin pemerintahan selanjutnya dapat melanjutnya pembangunan nasional sebesar 51,5 persen.

Di survei yang sama, Prabowo menjadi sosok yang dipercaya masyarakat untuk melanjutlan pembangunan tersebut, bahkan mendapatkan rating tertinggi sebesar 20,1 persen.

“Ini menjelaskan Prabowo sedang mengayunkan langkah untuk persiapan pemilu 2024,” demikian Efriza


Video Terkait:
Prabowo Ajukan Anggaran Alutsista Sebesar 1.700 Triliun
Editor: Amelia