DAERAH

Manfaatkan DD untuk Pemulihan Ekonomi

Ketua Komisi I DPRD Kotim, Rimbun
Ketua Komisi I DPRD Kotim, Rimbun


SAMPIT— Ketua Komisi DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Rimbun, mendorong, seluruh kepala desa di kabupaten itu untuk melaksanakan optimalisasi dana desa (DD). 

Menurut Rimbun, dengan melakukan optimalisasi penggunaan DD, ekonomi masyarakat dapat pulih. Serta kepala desa harus bisa memanfaatkan momentum Undang-Undang Desa untuk kemajuan pedesaan.

"Dengan begitu akan ada sinergitas untuk memaksimalkan pembangunan antara DD dengan APBD Kotim. Saya yakin proses pembangunan bisa bergerak lebih cepat. Sebab, APBD Kotim kedepannya bisa dialokasikan untuk kebutuhan pembangunan yang lebih mendesak," jelas Rimbun, Minggu (24/4).

Lanjutnya, pembangunan di lingkungan desa masing-masing sudah ada di tangan pemerintah desa. Maju mundurnya suatu desa sekarang tergantung pemerintah desa mengelola dan mengoptimalisasi DD yang sudah dikucurkan pemerintah pusat.

"Apalagi setelah pandemi Covid-19 yang menerpa ini perlu sinergitas dari pusat hingga pemerintahan di tingkat desa,” terangnya.


Politisi PDI Perjuangan ini juga menekankan, agar kepala desa tidak menggunakan anggaran tersebut untuk kepentingan pribadi atau di luar ketentuan yang berlaku. 

“Sebab ada aturan hukum, jika DD disalahgunakan, untuk itu pemerintah desa diminta untuk lebih memahami aturan terkait pemanfaatan DD,” pungkasnya. (*)

Editor: Desi Wulandari