POLHUKAM

Kuat Dukungan Internal Partai, Prabowo Bisa Ungguli Ganjar di Pilpres 2024

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Net)
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Net)


JAKARTA – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memiliki tingkat elektabilitas yang cukup tinggi sebagai calon presiden (capres) 2024. 

Bahkan, di beberapa lembaga survei, kedua tokoh tersebut selalu bertengger di papan atas.

Pengamat Politik dari Universitas Indonesia, Ade Reza Hariyadi mengatakan, elektabilitas bukanlah modal mutlak bagi para calon yang bakal bertarung di pilpres 2024. Namun, yang perlu diperhatian adalah dukungan dari internal partai politik.

“Pilpres itu tidak hanya soal elektabilitas, tapi juga syarat dukungan parpol,” kata Ade, saat dihubungi Info Indonesia, Senin (25/4/2022).

Di antara kedua tokoh itu, kata Reza, yang berpeluang besar menuju kursi RI-1 adalah Prabowo Subianto. Karena sebagai Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo pasti mendapatkan dukungan penuh dari internal partainya. 


“Prabowo Subianto adalah penentu suara politik Gerindra, sehingga punya keunggulan lebih besar dibanding Ganjar Pranowo,” terangnya.

Kendati begitu, kata Reza, keduanya memiliki citra positif di mata masyarakat. Ganjar Pranowo cukup populis dan salah satu kepala daerah dengan kinerja yang baik.  

Di sisi lain, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto sangat konsisten dengan tugas profesionalnya sebagai pembantu presiden di sektor pertahanan negara.

Editor: Amelia