POLHUKAM

Didukung Jokowi, Sinyal Kuat Formula E Akan Terlaksana

Jokowi dan Anies Baswedan saat mengunjungi sirkuit Formula E. (Net)
Jokowi dan Anies Baswedan saat mengunjungi sirkuit Formula E. (Net)


JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau langsung perkembangan sirkuit yang akan digunakan ajang Formula E pada Senin (25/4/2022).

Kunjungan itu menandai dukungan Jokowi pada penyelenggaraan Formula E. Hal ini juga menjadi satu penanda bahwa ajang balapan mobil listrik itu akan tetap dilaksanakan, meski ada penolakan dari beberapa fraksi di DPRD DKI Jakarta.

“Penanda kuat jika Formula E dipastikan terlaksana dan kemunculan Jokowi tentu memberikan dukungan penuh pada gelaran transnasional itu,” kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah, saat dihubungi Info Indonesia, Selasa (26/4/2022).

Yang lebih penting, kata dia, dukungan Jokowi itu akan membentuk stigma bahwa hubungan keduanya sangat harmonis, meski di ruang publik banyak masyarakat beranggapan Jokowi dan Anies kerap berbeda pandangan.

“Ini penting setidaknya mengurangi tensi kontestasi opini di ruang siber yang selama ini riuh seolah Anies dan Jokowi sedang berseteru secara politik, padahal tidak demikian,” katanya.


Secara politis, terang Dedi, kemunculan Jokowi untuk meninjau sirkuit Formula E pada Senin (25/4/2022) terjadi karena dia melihat ajang mobil balap listrik itu bisa menjadi peluang untuk membangun kepercayaan publik pada pemerintah.

Padahal, kata Dedi, sejauh ini Jokowi lebih responsif pada agenda di luar DKI Jakarta.

“Tetapi karena Formula E berpeluang membawa dampak empati dan simpati publik, terlebih Anies telah lebih dulu dipuji publik karena JIS, kali ini Jokowi ingin ikut merasakan dampak senada dengan itu,” jelasnya.


Video Terkait:
Kawasan Ancol Jadi Sirkuit Formula E
Editor: Amelia