DAERAH

Pemudik Meningkat, Dishub Kaltim Berharap Tidak Ada Lonjakan Gelombang Covid-19



SAMARINDA - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kalimantan Timur memprediksi arus mudik dan arus balik lebaran bakal meningkat dua kali lipat.

Perkiraan meningkatnya mobilitas saat mudik dan arus balik diyakini karena pelonggaran perjalanan yang diberlakukan Pemerintah Pusat dengan syarat sudah melakukan vaksinasi booster.

Prediksinya di Kaltim peningkatan sekitar dua kali lipat terlihat setelah dua tahun pembatasan mudik. Ketika ini diizinkan, dia memprediksi yang datang dan yang pulang ini bisa jumlahnya sangat banyak.

"Satu dua hari ini sulit sekali mendapat tiket pesawat, tidak cepat seperti kita pandemi Covid-19 kemarin kan," ungkap Kepala Dishub Kaltim AFF Sembiring pada Rabu (27/4/2022).

Lanjutnya, saat ditanya terkait prediksi adanya gelombang Covid-19 yang akan datang jika melihat ada mobilitas meningkat. Dia berharap hal itu tidak terjadi.


"Jangan ada gelombang lagi lah kita, kalau terjadi lonjakan dan pemerintah akan waspada, maka kami melakukan upaya-upaya seperti yang terjadi pada gelombang sebelumnya (pengetatan)," tegasnya.

Meski bakal melakukan pembatasan, hal tersebut tetap mengacu pada regulasi yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat maupun koordinator PPKM luar Jawa-Bali.

"Semua tergantung pusat, kami di daerah hanya melaksanakan tugas. Kami sangat tergantung dengan kondisi," kata AFF Sembiring.

(Nyn/ADV/KominfoKaltim)