DAERAH

MUDIK LEBARAN

BPBD Karawang Imbau Pemudik Waspadai Cuaca Ekstrem

Ilustrasi Cuaca Ekstrem. (Net)
Ilustrasi Cuaca Ekstrem. (Net)


KARAWANG - Para pemudik Lebaran 2022 diingatkan untuk mewaspadai cuaca ekstrem selama di perjalanan.

Imbauan disampaikan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Yasin Nasrudin.

Yasin menyampaikan, pemudik yang hendak masuk atau melintasi wilayah Karawang dan sekitarnya diimbau untuk mewaspadai cuaca ekstrem.

Sesuai dengan pengamatan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), beberapa wilayah kini sedang memasuki peralihan musim yang mengakibatkan cuaca ekstrem.

Menurut Yasin Karawang sebenarnya mulai memasuki musim kemarau. Namun saat ini, di sejumlah wilayah masih memasuki peralihan musim.


"Kondisi ini berpotensi memicu hujan sedang maupun sangat lebat hingga ekstrem dan dapat disertai kilat atau petir serta angin kencang," kata Yasin, di Karawang, Jabar, Kamis (28/4/2022).

Peralihan musim di momen mudik ini akan terjadi hingga awal Mei 2022. Itu berdasarkan prospek cuaca ekstrem mingguan di sejumlah wilayah Jawa Barat, mulai dari 25 April sampai 1 Mei.

"Dalam prospek cuaca ekstrem mingguan itu, Karawang masuk ke daftar wilayah yang masuk ke cuaca ekstrem," katanya.

Sementara itu, selama beberapa pekan terakhir ini hujan sedang hingga hujan deras terjadi di wilayah Karawang setiap sore hingga malam, demikian Yasin Nasrudin.


Video Terkait:
Warga Masih Boleh Mudik Dengan SIKM
Editor: Saeful Anwar